Dukung Pendidikan Karakter Untuk Memperkenalkan Pancasila

jabarekspres.com, SOREANG – Bupati Bandung Dadang M Naser mendukung penguatan pendidikan Pancasila di semua tingkatan di sekolah yang ada di Kabupaten Bandung.

Menurutnya, Pancasila sebagai idiologi negara tidak boleh diabaikan, apalagi dirubah. Tapi justru harus dijadikan doktrin yang kuat dan ditanamkan sejak dini.

“Pancasila itu idiologi negara, tidak boleh dirubah. Justru harus diperkuat, lihat di Jepang idiologi itu jadi doktrin. Salah satunya diimplementasikan dalam lagu-lagu perjuangan,”jelas dadang ketika memberikan arahan kepada seluruh peserta pendidikan karakter kemarin (18/5)

Dirinya menilai, idiologi negara dan semangat  nasionalisme sangat penting. Sebab, untuk memperkuat dalam jiwa setiap siswa di sekolah. Bahkan dalam jiwa semua anak bangsa.

Selain itu, pendidikan Pancasila ini, sebagai  dari pembentukan karakter bangsa Indonesia dan jangan sampai pendidikan Pancasila ini berkurang. Tapi, justru harus terus diperkuat dan digelorakan dalam jiwa setiap anak bangsa.

“Saya setuju sekali penguatan pendidikan Pancasila di sekolah-sekolah itu harus dilakukan. Seperti dulu itu ada pendidikan atau penataran P4,”ujarnya.

Dadang melanjutkan, Pancasila sebagai idiologi negara sudah final, tidak bisa dirubah atau digantikan dengan idiologi lainnya. Namun demikian, sebagai seorang manusia yang memiliki keyakinan keagamaan dipersilahkan selama itu tidak bertentangan dengan Pancasila.

“Seperti orang Islam punya keyakinan pada Al Quran, Kristen dengan Injilnya begitu juga dengan agama lainnya itu silakan saja. Tapi tetap jangan sampai bertentangan dengan Pancasila. Makanya dari dulu juga saya menentang konsep azas tunggal,”ujarnya.

Disinggung mengenai pendidikan karakter, kata Dadang, sebenarnya saat inipun bukan tidak ada pendidikan karakter. Namun, harus dilakukan penguatan  dipadukan dengan gerakan karakter lokal dalam semangat Sabilulungan.

“Kabupaten Bandung dijadikan basis gerakan pendidikan karakter berbarengan dengan karakter lokal Sabilulungan. Sabilulungan ini mengedepankan silih asah, asuh, gotong royong, saling membantu dan lainnya,”katanya.

Pendidikan karakter ini, lanjut Dadang, akan digalkan secara masif dan berkesinambungan.  Salah satunya diterapkan dan ditekankan disetiap sekolah yang ada di Kabupaten Bandung. Bahkan, nantinya akan dibentuk Satuan Kerja (Satker) yang bertugas melakukan penguatan pendidikan karakter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan