Dropbox Permudah Pendaftaran BPJS Kesehatan

jabarekspres.com, SUMUR BANDUNG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Utama Bandung menerapkan sistem pendaftaran baru bernama dropbox sejak 1 April. Sistem ini memudahkan pelayanan pengajuan keikutsertaan angota baru bagi masyarakat.

Dengan adanya dropbox diharapkan dapat mengurangi antrean saat akan mengajukan menjadi anggota baru. Sehingga banyak masyarakat yang akan ikut menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Kepala Unit Hukum Konunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Utama Bandung Ika Kartika mengatakan, saat ini, sudah terdaftar angota aktif sekitar 2.800 peserta. Dia menginginkan keanggotaan bisa terus bertambah dengan adanya dropbox ini.

”Saat ini, dropbox sudah diujicoba pada tanggal 1 April kemarin. Dan nantinya akan disebar di seluruh kecamatan yang ada di Kota bandung. Semoaga yang belum terdaftar bisa secepatnya mendaftarkan diri,” kata Ika saat ditemui di acara Bandung Menjawab di ruang media Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, kemarin (4/4).

Menurut dia, selain untuk memudahkan pendaftaran, saat ini BPJS Kesehatan pun memberikan kemudahan untuk membayar iuran kepada peserta BPJS Kesehatan yang sudah aktif.

”Saat ini, untuk pembayaran anggota BPJS anggota mandiri bisa melalui virtual account untuk satu keluarga,” jelasnya.

Selain dapat mendaftarkan anggota keluarga yang sudah lahir, saat ini BPJS Kesehatan pun menerima pendaftaran anggota keluarga yang masih ada dalam kandungan, dengan masa kandungan memasuki bulan ke-4.

”Saat ini, janin dalam kandungan pun sudah bisa didaftarakan kalo sudah 4 bulan. Syarat pendaftaran sama saja tinggal ditambah surat peryataan dari pihak medis saja untuk menyatakan bahwa sedang mengandung. Jadi nanti ketika lahiran bisa dibantu oleh BPJS,” terangnya. (pan/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan