DPRD Kota Cimahi Marathon Bahas RPJMD 2017-2022

CIMAHI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi berjanji akan segera merampungkan pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022  kurang dari seminggu.Hal itu dikatakan, Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Gunawan, usai Rapat Paripurna visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi, di Gedung DPRD Kota Cimahi, Sabtu (23/12).

Menurut pria yang akrab di sapa Agun ini, pembahasan usulan RPJMD memasuki babak baru. Pembahasan akan digelar maraton dan diprediksi selesai hari ini (Rabu, 27 Desember 2017). Agun mengaku sebelum usulan diberikan, pihak Pemkot telah terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan pihak DPRD.

”Pembahasan akan melihat pandangan fraksi. Pembahasan akan mengerucut pada apakah RPJMD bertabrakan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional atau tidak,” ujarnya.

Agun menjelaskan, Ajay dan Ngatiyana memiliki 21 program untuk membangun Cimahi Lima tahun ke depan. Untuk itu lanjut Agun, program keduanya akan dibahas sehingga bisa menghasilkan nota kesepakatan antara Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi dengan DPRD Kota Cimahi.
”Visi dan misi tersebut nanti dituangkan menjadi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan dijadikan Perda RPJMD untuk lima tahun kedepan,” jelas Agun.

Agun melanjutkan, RPJMD Kota Cimahi tidak boleh bertabrakan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang merupakan rangkaian pencapaian visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025.
”RPJMD ini kan bingkainya dari RPJPN untuk 25 tahun mendatang. Jadi sehebat-hebatnya RPJMD, tetap tidak boleh melampaui RPJPN, harus selaras keduanya,” bebernya.

Agun menuturkan semua program yang telah dicanangkan Ajay dan Ngatiyana, harus bisa direalisasikan selama lima tahun masa kepemimpinan keduanya.

“Jadi apa yang dilakukan oleh wali kota dan wakil wali kota itu harus jelas, sesuai dengan RPJMD. Misalnya program yang saat ini sudah dilaksanakan itu pembelian ambulan. Tahun selanjutnya program apalagi, seperti itulah bingkai RPJMD,” tuturnya.

Agun menegaskan tidak ada masalah dengan semua visi dan misi dari Wali Kota serta Wakil Wali Kota Cimahi. Malahan, DPRD Kota Cimahi sudah melakukan pembukuan dan penganggaran untuk merealisasikan semuanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan