Dosen Dorong Publikasi Karya Ilmiah

CIMAHI – Mewujudkan visi dan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Ahmas Yani mengkoordinir dan memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk dosen, baik dari pendanaan internal maupun eksternal.

Menurut Ketua LPPM Anceu Murniati, kegiatan tersebut sudah sejalan dengan visi Universitas Jendral Ahmad Yani dalam mewujudkan Universitas yang unggul, berjiwa kebangsaan dan berwawasan lingkungan. ”Kami mewadahi dosen dosen untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari dana internal sejak tahun 2011, bahkan dari tahun 2003 juga telah dilaksanakan,” ujar Anceu Murniati, disela-sela kegiatan di Kampus Unjani, Rabu (20/12).

Pada tahun 2011, kata dia, untuk dana internal itu, sudah dikompetisikan sesuai arahan Kemenristekdikti. ”Jadi dana dana itu, kami kompetisikan melalui proses mekanisme review. Jadi ada review internal disini yang sudah dibuat SKnya oleh bapak Rektor,” katanya.

Relevansinya kata dia, dalam mendukung kebijakan DRPM Kemenristekdikti, bahwa hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diharapkan dapat meningkatkan jumlah dan kualitas publilkasi Dosen. Dalam hal itu, Ujani mendukung dan memberi dorongan pada dosen untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dosen tersebut.

Atas dasar pemikiran tersebut, LPPM Unjani menyelenggarakan kegiatan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yaitu Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jendral Ahmad Yani 2017 dengan tema Peran Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa.

Ditempat sama Wakil Rektor I Unjani Rahman Ardan mengatakan, Peran riset dan pengabdian kepada masyarakat dalameningkatkan daya saing bangsa, merupakan bentuk kepekaan Unjani dalam menindak lanjuti kebijakan Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan (DRPM) Kemeristekdikti dalam upaya meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi dosen di institusi perguruan tinggi.

”Oleh karena itu, kami mendukung dan mendorong para peneliti khususnya para dosen untuk mempublikasi hasil penelitiannya melalui kegiatan ini,” tandasnya. ***

 

Laporan: Nur Aziz

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan