Djanur Lulus Dapat Lisensi A AFC

jabarekspres.com, BANDUNG – Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman dikabarkan telah lulus dari kursus lisensi kepelatihan A AFC yang ditempuhnya pada awal 2017 lalu di Thailand.

Kabar yang ditunggu-tung­gu itu menurut pelatih yang kerap disapa Djanur diteri­manya dari PSSI. ”Saya di­kontak PSSI dan dikabari lulus. Alhammdllh bersyukur, kalau sampai gak lulus malu udah jauh-jauh ke Thailand,” kata Djanur di mess Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Selasa (13/6).

Seperti diketahui awal 2017 lalu, Djanur terbang ke Thai­land guna mengikuti kursus selama hampir satu bulan lamanya mulai dari 4-30 Ja­nuari. Dari Indonesia, dia berangkat bersama Joko Su­silo, yang saat itu menjabat sebagai asisten pelatih Arema Cronous.

Selain dirinya sebut dia Joko Susilo pun telah sama-sama lulus, bahkan dikatakan Djanur dirinya semalam mendapatkan telepon langs­ung terkait kabar baik itu dari Joko Susilo. “Si Getuk (Joko Susilo, langsung nelpon tadi malam, dia bilang maka­sih lur segala bantuannya,” tambahnya.

Disebutkan Djanur penan­tian untuk mendapatkan ka­bar lulus tidaknya dirinya mendapatkan lisensi A AFC itu, dirinya harus menunggu hingga tiga bulan sampai akhirnya mendapat kabar dari F-frame, bagian pengu­rusan soal khusus di PSSI.

Adanya lisensi A AFC itu menjadikan dirinya lebih tenang dalam menjalankan tugasnya sebagai pelatih ke­pala. Sebab kata dia, lisensi A AFC ini diibaratkan semacam Surat Ijin Mengemudi (SIM) bagi seorang pengendara kendaraan bermotor.

Sebelumnya, Djanur me­mang kerap dibuat resah lantaran secara adminis­trasi dirinya baru mengantongi lisensi B AFC. Sementara untuk A AFC sendiri men­jadi sarat minimum di kasta tertinggi sepak bola Indone­sia, yang kerap dipersoalkan oleh Badan Olahraga Profe­sional Indonesia (BOPI) atau­pun operator kompetisi.

Tidak hanya itu, lisensi A AFC juga menjadi standari­sasi bagi klub yang mentas di gelaran internasional. Se­perti ketika Persib di Piala AFC 2015 lalu, Djanur terpaksa menepi dan kursi pelatih ke­pala ditempati oleh Emral bin Bustamam atau biasa dipang­gil Emral Abus. (any/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan