Disnakertrans Diserbu Pencari Kerja

jabarekspres.com – Lowongan kerja di sejumlah perusahaan besar di Kabupaten Sukabumi direspons antusias para pencari kerja. Kurun satu pekan terakhir pascadiinformasikannya lowongan pekerjaan, kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat disebut ribuan pencari kerja. Padahal, posisi yang dibutuhkan relatif terbatas meskipun cukup banyak.

“Para pencari kerja sangat antusias mengirimkan lamaran untuk mengisi berbagai posisi yang dibutuhkan sejumlah perusahaan,” terang Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sukabumi, Ali Iskandar, kemarin (6/7).

Perusahaan yang saat ini sedang membuka lowongan kerja antara lain PT Glostar Indonesia (GSI) Cikembar, PT Paiho Indonesia, PT Muara Griya Lestari (MGL), PT Lydia Sola Gracia, dan PT Manito World Indonesia di Kecamatan Cicurug. PT GSI membutuhkan sebanyak 150 orang, PT MGL sebanyak 145 orang, PT Lydia sebanyak 52 orang, PT Manito sebanyak 50 orang, dan PT Paiho sebanyak 29 orang. Jika ditotal, jumlahnya mencapai 426 lowongan kerja. “Kalau diakumulasikan jumlah lowongan yang tersedia cukup banyak,” tukasnya.

Jumlah lowongan yang disediakan tak sebanding dengan jumlah pelamar. Di PT GSI misalnya, dengan lowongan yang tersedia untuk 150 orang, tapi yang melamar mencapai 2.567 orang. Pun di PT Paiho, dari lowongan kerja yang dibutuhkan sebanyak 29 orang, tapi yang melamar sebanyak 623 orang. “Lowongan kerja ini sudah dibuka sejak 29 Juni lalu,” ujarnya.

Tujuan Disnakertrans Kabupaten Sukabumi memfasilitasi lowongan pekerjaan mengacu Undang-Undang Nomor 7/1981 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan di Perusahaan dan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 4/1980 tentang Wajib Lapor Lowongan Pekerjaan. “Di Sukabumi juga ada surat bupati yang meminta informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan untuk disampaikan kepada masyarakat,” tandasnya.(hyt)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan