Dishub Jabar Daftarkan Dua Inovasi

Masyarakat bisa melihat informasi kondisi jalan raya setiap saat di media sosial milik Dishub Jabar. Info tersebut juga disebarluaskan melalui jaringan sejumlah radio. ”Termasuk dikaitkan ke timeline Twitter Jasa Marga,” ungkapnya seraya memperlihatkan Twitter resmi milik Dishub Jabar yang terpampang di layar lebar tersebut.

Masyarakat juga bisa langsung mengakses CCTV dengan mengunjungi portal www.dishub.jabarprov.go.id. Dalam laman muka, paling bawah terdapat menu CCTV Dishub Jabar. Pengunjung bisa memilih lokasi CCTV yang ingin dilihat sesuai keinginan. ”Tayangan CCTV dipastikan kondisi live (langsung, Red),” kata Koordinator Administrator Dishub Jabar Boy Hedy.

Fungsi inovasi ini, kata dia, memudahkan petugas ketika terjadi kemacetan. Dishub Jabar akan langsung menginformasikan kondisi krodit kepada petugas Dishub setempat. Sehingga, situasi bisa langsung ditangani dan cepat terselesaikan.

Dedi menuturkan, CCTV Dishub Jabar sudah beberapa kali digunakan untuk mendukung kelancaran upaya penanganan lalu lintas pada masa angkutan Lebaran, natal, dan tahun baru. Untuk dapat menjangkau seluruh wilayah ruas jalan provinsi, pihaknya merencanakan terus menambah jumlah titik dan teknologi CCTV.

”Teknologi CCTV kami dapat direplikasi oleh unit atau satuan kerja, baik di lingkungan perhubungan, maupun unit atau satuan kerja kementerian/lembaga dan pemerintah daerah lain,”  tandasnya.

Sementara untuk inovasi satunya lagi masih dalam tahap penyempurnaa. Inovasi ini menggunakan aplikasi. Namanya SIM kendaraan bermotor yang terintegrasi dengan tujuh instansi lainnya. Yakni Dishub kabupaten/kota, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP), terminal, Bapenda Jabar, Polda Jabar, Jasa Raharja.  ”Kami pastikan November ini selesai,” kata Tata. (and/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan