Dinas Pendidikan Minta Tidak Ada Perpeloncoan

jabarekspres.com, CIANJUR – Dinas Pendidi­kan dan Kebudayaan (Dis­dikbud) Kabupaten Cian­jur mengklaim hari pertama sekolah di Cianjur berjalan lancar. Saat masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) ditekankan untuk tak ada per­peloncoan. Suasana penuh kehangatan terlihat di SMPN 1 Campaka.

Kepala Disdikbud Kabu­paten Cianjur, Cecep Sobandi, menuturkan, pihaknya mel­akukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah sekolah untuk memastikan hari per­tama masuk di tingkat SD dan SMP berjalan dengan baik.

“Saya sendiri juga ikut me­meriksa ke SMPN 1 Cipanas. Tim yang lain ke beberapa SD. Alhamdullah guru hadir 100 persen, siswa pun tidak ada yang tidak hadir, kecuali yang sakit. Bahkan gerakan agama juga berjalan usai jam bela­jar,” ucapnya kepada Jabar Ekspres, kemarin (17/7).

Di samping itu, Cecep juga memastikan tidak ada perpe­loncoan saat MPLS di tingkat SMP, baik berbentuk perleng­kapan, ucapan, atau tindakan. Menurutnya perilaku atau budaya perpeloncoan dalam MPOD harus terus diputus, jika tidak, bakal selalu ada perbuatan tersebut, teru­tama dari kakak kelas pada siswa baru. “Selama ini ada rantai yang harus diputus. Jangan sampai budaya buruk ini mengakar hingga sulit di­hilangkan nantinya,” kata dia.

Menurutnya, sanksi tegas bagi kepala sekolah akan diberikan jika di sekolah tersebut terjadi perpelon­coan saat MOPD. Kegiatan positif pun direkomendasi­kan untuk dilakukan saat pengenalan siswa di lingkun­gan barunya.

“Pasti ada sanksi, tapi dilihat seberapa parah perpelon­coannya. Maka dari itu, di­imbau kegiatannya pramuka, kesenian, dan lainnya,” kata dia.

Terpisah, siswa baru di SMPN 1 Campaka menda­patkan sambutan hangat dari semua tenaga pendidik di sekolah tersebut. Berpakaian Korpri, Kepala sekolah, semua guru dan staf berdiri dan ber­jejer di halaman sekolah, lalu siswa dipersilahkan untuk menyalaminya.

Tidak sampai di situ, dengan wajah ramah guru dibantu se­jumlah OSIS di SMP tersebut membimbing dan mengajak siwa baru untuk mengenal­kan lokasi di sekitar sekolah tersebut. Tidak terkecuali untuk ruang kelas dan labo­ratorium, pihak sekolah pun memperkenalkannya kepada calon siswa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan