Desain Pasar Sarijadi Bertema Museum

bandungekspres.co.id, SARIJADI – Janji Pemerintah Kota Bandung merevitalisasi pasar tradisional, satu persatu mulai terwujud. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan, pasar tradisional akan dijadikan tematik. Salah satunya Pasar Sarijadi.

Emil –sapaan Ridwan Kamil- mengatakan, Pasar Sarijadi Sarijadi akan dibuat menjadi pasar modern yang keren dan didesain layaknya museum.

Suasana kotor dan becek yang biasanya identik dengan kondisi pasar, akan dihilangkan dari Pasar Sarijadi. Pasar ini pun akan dibuat menjadi tempat yang nyaman dan terdapat jiwa seninya sehingga pengunjung dan pedagang merasa betah saat bertransaksi di Pasar Sarijadi.

”Sekarang proses pembangunan sudah selesai dan siap ditempati pedagang. Nanti sekitar 60 persen akan diisi pedagang tradisonal seperti sayur-sayuran dan akan disediakan pula Food Court agar pengunjung bisa menikmati makanan di tempat,” ujar Emil saat meninjau Pasar Sarijadi di Jalan Sariasih Kota Bandung, kemarin (13/2).

Pasar yang dibangun sejak Januari 2015 dan selesai pada Februari 2016 ini didesain sedemikian rupa sehingga tampak lebih nyaman. Tembok atau dinding di Pasar Sarijadi akan dibuat artistik untuk memanjakan mata pengunjung. Salah satunya dengan pemasangan tanaman menjalar di sepanjang tembok dan ditambah dengan seni lukis mural yang akan dibuat seniman Kota Bandung. Tak hanya itu, foto para pedagang pun akan ditempel dibelakang lapak dagangannya sehingga tampak seperti pameran foto para pedagang.

”Intinya, jangan ada dinding yang kosong. Coba pasang tanaman menjalar atau pot gantung sehingga segar dilihat. Semua pedagang pun di foto lalu fotonya ditempel dibelakang lapaknya. Nanti kasih juga gambar mural yang digambar seniman Kota Bandung,” tegasnya

Pasar Sarijadi yang terdiri dari empat lantai, lanjut Emil, harus dimaksimalkan. Pihaknya meminta, jangan sampai ada lahan yang kosong dan tidak dimanfaatkan dengan baik.

”Nanti PD Pasar siapkan meja dan bangku untuk pengunjung beristirahat. Lahan yang ada harus diamfaatkan dengan maksimal. Buat meja-meja dan kursi dengan tema industrial pakai besi-besi untuk duduk bagi para pengunjung,” ujarnya.

Selain tempat untuk berdagang, Pasar Sarijadi dikatakan dia menyediakan 12 kamar yang bisa dijadikan kantor atau penginapan sewa kerja, bagi siapapun yang ingin menginap. Sementara furnitur bagi para pedagang, disiapkan oleh PD Pasar Bermartabat Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan