Cirebon Dikepung Banjir

CIREBON – Hujan dengan intensitas tinggi dan deras menyebabkan banjir di seluruh kecamatan di wilayah Kecamatan yang ada di Timur Kabupaten Cirebon, kemarin (15/2). Selain akibat hujan deras, banjir juga disebabkan meluapnya sungai Cilutung dan Cisarongge.

Informasi yang berhasil dihimpun Radar Cirebon (Jabar Ekspres Group) di sekitar lokasi banjir, jalan utama mulai dari arah Desa Banjaransari-Desa Kasturi- hingga sampai arah Desa Sukamukti Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka teredam banjir bandang.

Bahkan akibat banjir bandang tersebut, selain merendam jalur utama juga telah menyebabkan puluhan kolam ikan, dan ratusan hektare sawah teredam. Bahkan telah menimbulkan ratusan rumah penduduk di Blok Sintungsari, Blok Palemsari, dan Blok Mekarsari Desa Kasturi Kecamatan Cikijing ikut teredam banjir.Termasuk pula halaman komplek SDN Kasturi, lapangan sepak bola Blok Gumuruh Desa Kasturi Kecamatan Cikijing yang sangat berdekatan dengan sungai Cilutung ikut teredam banjir.

Kapolsek Cikijing AKP Wawan Sukwana SH yang berhasil di temui Radar di lokasi banjir mengungkapkan, banjir yang melanda sebagian wilayah Kecamatan Cikijing merupakan banjir dari hulu sungai Cilutung dan sungai Cisarongge yang berada di sekitar Desa Banjaransari-Desa Kasturi. Meluapnya kedua sungai tersebut terjadi karena jebolnya drainase yang berada di sepanjang jalur utama Desa Sukamukti Kecamatan Cikijing. Kerusakan ini, juga mengakibtkan karena jebolnya sejumlah tanggul.

”Banjir yang paling terparah adalah melanda wilayah Blok Mekarsari,” jelasnya.

Menurut dia, banjir tersebut merendam jalan utama teredam banjir setinggi sekitar 70 sampai 80 sentimeter. Praktis, arus lalu-lintas kendaraan baik dari arah Kecamatan Talaga menuju ke Kecamatan Cikijing lumpuh. Banyak kendaraan, termasuk angkutan truk yang terjebak di tengah genangan air banjir.

”Kejadian banjir yang terjadi kali ini merupakan banjir paling terparah dan kami baru menyaksikan kejadian banjir seperti ini,” ungkapnya.

Kepala BPBD Kabupaten Majalengka, Toto Sumianto membenarkan banjir di tiga desa di Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka. ”Kami sudah menerjunkan tim Satgas BPBD untuk membantu penanggulangan dan memberikan bantuan logistik,” kata dia, kemarin.

Sementara itu, Wakapolres Cirebon Kompol Boni Facius Surono langsung memimpin dalam proses evakuasi bersama tim gabungan dari Basarnas dan unsur TNI, menjemput ratusan warga di dua desa, yakni Desa Kanci Kulon dan Desa Kanci yang masih terjebak di dalam rumah, Rabu (15/2) malam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan