BPJS Deteksi Dini Kanker Serviks

jabarekspres.com, CIMAHI– Memperingati Hari Kartini, Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan menggelar pemeriksaan IVA/Papsmear di 10 titik di berbagai wilayah Indonesia.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Cimahi Yudha Indraparaja mengatakan, pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui IVA/Papsmear merupakan salah satu bentuk program promotif preventif bagi peserta JKN-KIS untuk menekan jumlah penderita kanker serviks.

”Selain Solo, seluruh kantorcabang melaksanakan kegiatan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks tersebut dan pencanangan secara serentak dilaksanakan hari ini (kemarin, Red) di seluruh Indonesia. Di wilayah Kantor Cabang Cimahi sendiri, pencanangan pelaksanaan pemeriksaan IVA/Papsmear dilaksanakan pada Tanggal 21 April 2017 di PT Sansan Saudaratex Jaya memiliki jumlah total pekerja lebih dari 7 ribu orang,” ujar Yudha.

Selain itu, pemeriksaan IVA/Papsmear dapat dilakukan pula di seluruh puskesmas di wilayah Kota Cimahi, klinik Kesdam 3 Siliwangi, Laboratorium Prodia Cimahi dan Laboratorium Pramita Cimahi. Secara Nasional dari bulan Januari sampai April 2017, terdapat 25.143 peserta JKN-KIS yang telah menjalani pemeriksaan IVA.Sementara untuk pemeriksaan Papsmear telah dilakukan oleh 19.848 peserta JKN-KIS.

Sementara untuk wilayah Kantor Cabang Cimahi, sebut dia terdapat 537 peserta JKN-KIS yang telah menjalani pemeriksaan IVA/Papsmear.  ”Berdasarkan data per 31 Maret 2017, terdapat 1.328.595 jiwa penduduk Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS,” sebutnya.

Dia menyebutkan hingga bulan April 2017, terdapat total 120 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, terdiri 45 Puskesmas, 10 Dokter praktik perorangan, 3 dokter praktik gigi perorangan, 65 klinik Pratama.  ”Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi juga telah bekerja sama dengan 11 rumah sakit,” ujarnya.

Melalui kerja sama dengan OASE Kabinet Kerja dan Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan sebut dia, siap memberikan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS.

OASE Kabinet Kerja merupakan sebuah perkumpulan para pendamping menteri dan unsur eksekutif lain yang dipimpin oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, yang memiliki serangkaian program untuk mendukung tercapainya Nawacita Presiden Jokowi. Salah satu program yang digalang adalah meningkatkan pelaksanaan pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan di Indonesia mulai tahun 2015-2019.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan