BPBD Segera Relokasi Korban Cililin

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat akan merelokasi warga yang menjadi korba longsor di Kampung Jati Radio RT 02 RW 12, Desa Cililin, Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Maman S Sunjaya kepada wartawan di Ngamprah, Senin (3/4).

Menurut Maman, solusi terbaik adalah merelokasi para korban dan masyarakat sekitarnya ke tempat yang lebih aman agar tidak menimbulkan korban jiwa dikemudian hari.

Para korban bencana juga harus mendapatkan penanganan lebih cepat agar bisa berdiam di tempat aman dan nyaman.

“Solusi terbaik untuk para korban dan masyarakat yang berada disekitar lokasi adalah dengan melakukan relokasi.

Namun, kami masih menunggu hasil kajian Badan Geologi terkait radius aman yang harus di relokasi. Karena, pemkab tidak bisa merelokasi tanpa ada kajian yang jelas dari instansi terkait,” katanya.

Dikatakan Maman, bila sudah ada hasil kajian dari Badan Geologi Bandung, maka Pemkab akan segera menindaklanjuti dengan mengambil langkah relokasi ke tempat yang dinilai aman dan layak.

“Kalaupun harus direlokasi, kami tetap akan mencari tempat yang lebih aman dan tidak terlalu jauh agar tidak mengganggu aktivitas perekonomian mereka. Yang jelas, untuk kewaspadaan, kami mengimbau masyarakat di sekitar lokasi longsor untuk segera meng_ungsi ke tempat yang telah disediakan ketika terjadi hujan deras untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi longsor susulan, pemerintah setempat dan masyarakat telah memberonjong titik-titik potensi longsor termasuk melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi meskipun kondisinya masih darurat.

Selain masih tingginya curah hujan, kata dia, salah satu faktor harus dilakukan relokasi adalah kemiringan tebing di sekitar lokasi longsor sangatlah curam, sehingga tidak layak dijadikan kawasan pemukiman, karena kemungkinan terjadinya longsor sangat tinggi dan bisa terjadi kapanpun tanpabisa diduga. “Kita harapkan tidak ada lagi bencana apapun termasuk longsor,” terangnya.

Sebelumnya, hujan deras yang terjadi pada Jumat (10/3) sekitar pukul 20.30 WIB membuat 3 rumah milik Asep, Amin dan Ade Kayat mengalami rusak berat setelah tertimpa longsoran tanah dari ketinggian sekitar 10 meter di Kampung Jati Radio RT 02/12 Desa Cililin Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Dalam peristiwa tersebut, ada 4 orang yang mengalami luka-luka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan