oleh

BI dan Polda Jabar Awasi Peredaran Upal

jabarekspres.com, BANDUNG – Bank Indonesia melakukan langkah preventif. Salah satunya dengan menggandeng Polda Jabar untuk pengawasan uang palsu jelang Lebaran.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Wiwiek Sisto Widayat menjelaskan, Bank Indonesia Jawa Barat melakukan video conference antara Gubernur Bank Indonesia dengan Kapolri di Jakarta. Pesertanya Kapolda se-Indonesia dan dihadiri oleh para kepala Bank Indonesia di masing-masing provinsi.

”Tujuannya untuk melakukan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama antar Bank Indonesia dengan kepolisian yang sudah diinisiasi sejak 2014 lalu. Dan ini terus berlangsung,” jelas Wiwiek di Mapolda Jabar, kemarin (5/6).

Dia mengatakan, isi percakapan tersebut mengacu pada beberapa hal. Di antaranya, penegakan hukum dalam pengelolan uang rupiah, penegakan hukum di dalam sistim pembayaran dan terkait dengan pengawasan dan pengawalan terhadap aset-aset Bank Indonesia.

”Serta terkait dengan kriminal lainnya. Termasuk pemalsuan uang rupiah. Di Polda Jabar ini, kita sudah bekerja sama terkait upal sejak beberapa tahun lalu, dan hasilnya sudah ada 17 kasus yang sudah ditindak,” ucapnya.

Terkait penegakan terhadap penggunaan uang rupiah didalam setiap transaksi di NKRI ini adalah terkait dengan UUD nomor 7 tahun 2011 mengenai rupiah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.