ASN Dituntut Kuasai Teknologi Informasi

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Agar dapat lebih meningkatkan kinerja dalam pelayanan publik, Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut untuk terus belajar dan mengembangkan ilmunya terlebih di zaman modren ini, sehingga ASN harus bisa menyesuaikan diri dan terjun dalam pekerjaan yang berbasis Informasi Teknologi (IT) dan komputerisasi.

Sekda Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya menyatakan, tujuan memiliki kemampuan teknologi untuk meningkatkan akuntabiitas publik dari para ASN sebagai pengelola amanah masyarakat agar tercipta sebuah good governance dengan output lahirnya masyarakat yang lebih sejahtera. Menurutnya, akuntabilitas publik merupakan sebuah bentuk pertanggungjawaban ASN kepada masyarakat sebagai pemberi amanah untuk mengelola roda pemerintahan dan menjadi sebuah keniscayaan untuk terwujudnya good governance melalui reformasi birokrasi.

“Namun, akuntabiitas publik yang transparan ternyata tidaklah cukup untuk meyakinkan masyarakat. Sebab, mereka ingin mengetahui lebih jauh tentang pemerintahan. Lebih jauh lagi saat ini masyarakat ingin turut larut dalam jalannya roda pemerintahan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan,” ujar Maman di Ngamprah, kemarin.

Karena sebenarnya esensi dari akuntabilitas publik lebih mengarah pada penantian panjang masyarakat terhadap informasi pemerintahan yang lebih transparan dan akuntable termasuk seluruh aspek pemerintahan lainnya yang ingin mereka ketahui dengan lebih mendalam. Bahkan menurutnya, akuntabilitas juga harus bisa menjawab berbagai persoalan yang terjadi dimasyarakat melalui berbagai program unggulan yang dikucurkan oleh pemerintah termasuk menyangkut input, output, benefit, feedback serta impact dari sebuah program yang akan, sedang dan sudah dilaksanakan. “Sehingga ASN harus senantiasa bekerja dengan sungguh-sungguh, karena rakyat terkadang lebih tahu permasalahan pemerintahan daripada para pengelolanya. Segala sesuatu yang terjadi pada masyarakat langsung menjadi tanggung jawab pemerintah,” jelasnya.

Spektrum lebih luas dari sebuah akuntabilitas adalah melalui otonomi daerah yang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan rakyatnya secara langsung serta mempertanggung jawabkannya kembali pada masyarakat. “Oleh karena itu, ASN harus benar-benar dan serius dalam bekerja. Tingkatkan kedisiplinan serta harus mampu menyelesaikan pekerjaan yang sudah direncanakan,” tandasanya. (drx/bun)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan