Akhirnya, Bottas! Raih Kemenangan Perdana Setelah 81 Lomba

jabarekspres.com – SETELAH melewati 81 balapan, akhirnya Valtteri Bottas mencatatkan namanya sebagai juara baru Formula 1. Berkat performa impresifnya, Ferrari yang sangat diunggulkan menang pada GP Rusia di Sochi Autodrom tadi malam WIB, gagal meraih ambisinya.

Dengan hasil itu, kini, pertarungan perebutan gelar juara dunia F1 2017 bukan hanya milik Sebastian Vettel (Ferrari) dan Lewis Hamilton (Mercedes). Bottas juga ikut masuk dalam gelanggang.

Bottas sudah mengejutkan Ferrari sejak lap pertama. Meski start di posisi tiga pembalap Finlandia itu berhasil menyodok ke depan di tikungan dua dan merebut pimpinan lomba di depan pemegang pole position, Vettel dan rekan setimnya Kimi Raikkonen.

Begitu mendapat jalur yang kosong Bottas terus memperlebar jaraknya dengan Vettel. Sama-sama menggunakan ban ultrasoft power mobil Mercedes sangat membant Bottas membuat jarak dengan pembalap di belakangnya. Hingga sampai pertengahan lomba jaraknya dengan Vettel membentang nyaris empat detik.

Pada Lap 27 dari 52 putaran yang dilombakan Mercedes mengambil inisiasi memasukkan Bottas ke pit untuk mengganti ban. Dia kemudian memasang ban supersoft dan keluar di posisi empat. Seperti diprediksi sejak awal balapan akan berlangsung satu kali pit stop. Karena Bottas pit, untuk kali pertama dalam sejarah GP Rusia, ada mobil selain Mercedes yang memimpin balapan, dialah Vettel.

Setelah Bottas pit stop, Raikkonen menyusul di Lap 30 dan kemudian Hamilton Lap 31. Vettel tak segera merespon pit stop Bottas. Dia memilih memperlebar jarak dengan pembalap di belakangnya. Tujuannya agar posisinya aman ketika melakukan pit stop. Nah sebelum diminta pit stop di Lap 34, jaraknya dengan Bottas sudah membentang 20 detik. Sebuah jarak yang cukup aman untuk melakukan pit stop dan ketika keluar kembali ke trek akan lebih mudah mengejar pembalap di depannya.

Sayang, pit stop berlangsung terlalu lama karena kru pemasang ban depan sebelah kiri sedikit mengalami masalah. Pit stop berlangsung 30,077 detik, atau Vettel kehilangan 4-5 detik dibandingkan ketika prosesnya berjalan normal. Vettel keluar di posisi kedua dengan jarak empat detik di belakang Bottas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan