2.226 Personel Siap Amankan GBLA

jabarekspres.com, BANDUNG – Kepolisian tak mau kecolongan dalam pengamanan laga el Clasico Indonesia, antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (22/7).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus menyebutkan untuk laga klasik itu pihaknya akan menurunkan sebanyak 2.226 personel gabungan yang disiagakan dengan sistem empat ring pengamanan. ”Total personel sebanyak 2.226 orang. Termasuk Polri, TNI, dan instansi terkait,” katanya kepada wartawan.

Dari jumlah itu dikatakan Yusri, sebanyak 130 dari TNI, 826 Polda Jabar, 965 Polrestabes Bandung, dan 365 instansi terkait, termasuk Pemkot, Panpel dan lainnya.

Sementara untuk pengamanan di ring satu meliputi tempat bertandinganya dua tim, ring dua tribun penonton, ring tiga di seputaran stadion GBLA termasuk parkir dan ring empat luar stadion tempat akses para suporter ke stadion.

”Pola ring diterapkan  untuk memberikan rasa aman baik sebelum dan sesudah pertandingan,” imbuhnya.

Sementara itu Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengimbau, pada Jak Mania sendiri untuk tidak datang ke Bandung menyaksikan laga el clasico versi Indonesia tersebut. Ini dikhawatirkan akan terjadi gesekan antara dua kelompok yang memiliki basis suporter terbesar di Indonesia ini.

Dua kelompok ini juga memiliki sejarah panjang yang tidak pernah akur sepanjang liga di Indonesia bergulir.

“Sesuai instruksi Kapolda Jabar bahwa memang (Jak Mania) untuk tidak datang ke Bandung karena ini khawatir adanya pergesekan,” ujarnya.

Senada dikatakan pengurus Viking Persib Club, Yana Umar. Dia juga berharap wacana kedatangan Jak Mania ke Bandung tidak terealisasi. Bukan tanpa alasan, hal itu untuk keamanan bersama, baik Bobotoh juga suporter tim tamu.

Yana menyampaikan hal itu saat bertemu Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil di Pendopo, Rabu (18/7). Menurutnya, komunitas suporter PERSIB banyak dan beragam, tak mudah mengarahkan untuk menerima Jak Mania ke Bandung.

”Saya rasa jalan terbaiknya tidak datang. Ini demi kemaslahatan bersama. Untuk kenyamanan dan keselamatan semua juga,” kata Yana.(*/any/ign)

PASUKAN CADANGAN

  1. POLDA JABAR
  •  1 SSK DALMAS POLDA
  • 1 SSK PHH BRIMOB

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan