110 Ormas Kebagian Dana Hibah

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Seluruh Oraganisasi Masyarakat (Ormas) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) patut berbagaa. Sebab pada 2017 ini akan ada Penyaluran dana bantuan sosial (bansos) di sebesar Rp13,5.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Bandung Barat Asep Sodikin mengatakan, anggaran yang disalurkan untuk Ormas ini harus digunakan untuk program-program pemberdayaan yang menitik beratkan kepentingan masyarakat.

“Jadi anggaran ini buat membuat kegiatan di Ormas tersebut tanpa ada kepentingan politik,”jelas Asep ketika ditemui di kantor Pemkab kemarin (25/4)

Dirinya menilai, anggaran Bantuan Sosial (Bansos) tersebut tidak memiliki kaitannya dengan tahun politik menjelang Pilkada nanti. Tetapi, murni program dari pemerintah KBB yang sebelumnya telah dianggarakan.

Asep memaparkan, penyaluran dana bansos akan terbagi dua bagian. Pertama, bansos disalurkan terhadap yang sudah terprogram dan kedua untuk non program.

Untuk yang terprogram, kata dia, di tahun ini difokuskan pada penyaluran bantuan rumah tidak layak huni (rutilahu). Sementara, penyaluran non program seperti bantuan sosial kebencanaan dan lainnya.

“Bansos ini memang sudah ada peruntukannya, terutama untuk terprogram sehingga masyarakat dapat merasakan bantuan dari pemerintah,” ungkapnya.

Asep menambahkan, pemerintah daerah tidak hanya menyalurkan dana bansos, melainkan menyalurkan dana hibah bagi ormas Islam, LSM, unsur kepemudaan, partai politik, KNPI dan lainnya yang sudah terdaftar di Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) KBB

“Dana hibah juga setiap tahun disalurkan untuk organisasi di KBB. Itu sesuai dengan aturan yang diberikan setiap tahunnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Bandung Barat, Ade Sudiana mengatakan, untuk dana hibah mengalokasikan dana bagi ormas Islam dan LSM sebesar Rp4,4 miliar pada 2017. Angka ini lebih besar dibandingkan tahun 2016 yang hanya Rp1,8 miliar.

“Kenaikan dana hibah ini, dikarenakan pengelolaan ormas Islam berada di bawah Kesbangpol di tahun ini. Kalau tahun sebelumnya, ormas Islam ada di Bagian Kesejahteraan Sosial (Kesra),” kata Ade

dia menyebutkan, jumlah ormas Islam dan LSM yang terdata di Kesbangpol mencapai 110 ormas. Sehingga, dana hibah yang disalurkan meningkat berkali-kali lipat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan