1.300 KIA Sudah Dicetak di KBB

jabarekspres.com, NGAMPRAH– Bulan Agustus 2017, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcasip) Kabupaten Bandug Barat akan meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk warga usia 0-17 tahun. Rencananya, akan dilakukan peluncuran sebanyak 2.000 KIA. “Peluncuran akan dilakukan pada 12 Agustus untuk KIA. Penerbitan KIA sudah berjalan, sekarang sudah dicetak sekitar 1.300 KIA. Untuk tahap awal, disediakan 10.000 blangko KIA,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KBB Wahyu Diguna didampingi Kabid Pengendalian dan Pendaftaran Penduduk Tri Agus, kemarin.

Wahyu menuturkan, sasaran KIA di Kabupaten Bandung Barat yaitu sekitar 500.000 orang. Mereka berusia 0 tahun-17 tahun kurang sehari dan belum menikah. KIA berfungsi layaknya KTP elektronik. Syarat untuk mengajukan pembuatan KIA yaitu melampirkan fotokopi Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan KTP orangtua. Khusus untuk warga usia 5 tahun ke atas, wajib melampirkan foto berwarna. “Setelah jadi, KIA untuk usia 0-5 tahun tidak menampilkan foto, sedangkan usia 5 tahun ke atas menampilkan foto seperti KTP elektronik,” ujarnya.

Menurut Wahyu, KIA merupakan program pemerintah pusat untuk menertibkan administrasi penduduk dan memberikan hak konstitusional bagi mereka. Pembuatan KIA mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2/2016 tentang KIA.

Bedanya dengan KTP elektronik, KIA tidak memiliki chip di dalamnya. Dengan demikian, proses pembuatannya tidak membutuhkan perekaman sidik jari ataupun retina layaknya e-KTP. “Data KIA mengacu pada Kartu Keluarga. Jadi, kalau hilang, tidak bisa dicetak kembali dengan mendeteksi sidik jari, tetapi harus melampirkan lagi KK,” ujarnya.

Wahyu menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah menjalin komunikasi dengan beberapa perusahaan swasta dalam rangka sosialisasi KIA. Dia berharap agar perusahaan-perusahaan tersebut memberikan bonus pelayanan kepada pemegang KIA. “Peran perusahaan juga diharapkan mampu mendorong agar anak-anak ini bisa membuat KIA. Salah satunya dengan memberikan diskon bagi pemilik KIA,” pungkasnya. (drx/bun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan