Wisatawan Tinggalkan Lembang, Arus Lalu Lintas Tetap Lancar

bandungekspres.co.id, LEMBANG – Mengakhiri liburan panjang, kondisi lalu lintas di Lembang pada Minggu (8/5) terpantau lancar. Kendaraan mulai meninggalkan wilayah Lembang. Bahkan, tempat-tempat wisata, seperti Tangkubanparahu, The Ranch, Floating Market, Farm House, Dusun Bambu dan tempat wisata lainnya tidak terlihat macet.

Dari pantauan di lapangan, arus lalu lintas di kawasan Lembang mulai berkurang. Padatnya arus lalu lintas tidak seperti hari sebelumnya Sabtu (7/5). Jika sebelumnya arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di kawasan Lembang mengalami panjangnya antrean kendaraan bahkan nyaris terhenti, namun saat ini arus kendaraan terpantau padat lancar. Mulai di Jalan Raya Lembang sendiri, dari pertigaan Jalan Maribaya hingga pertigaan yang hendak menuju ke lokasi wisata Floating Market, arus lalu lintas tampak lancar.

Untuk mengurai arus kendaraan, petugas kepolisian pun sempat memberlakukan sistem buka tutup arus lalu lintas di Pertigaan Beatrix. Sistem buka tutup arus lalu lintas tersebut, diberlakukan untuk arus kendaraan dari arah Subang yang hendak menuju Bandung dengan diarahkan melalui Jalan Kolonel Masturi-Cisarua. Sementara di Jalan Kolonel Masturi Cisarua sendiri, arus kendaraan terhitung lancar. Antrean kendaraan kurang dari 50 meter terasa di pertigaan jalan yang hendak ke lokasi Dusun Bambu.

Kapolres Cimahi AKBP Ade Ary Syam Indradi menuturkan, volume  kendaraan saat ini mulai mengalami penurunan jika dibandingkan hari sebelumnya. Volume kendaraan di kawasan Lembang turun hingga 50 persen. ”Saya sudah berkordinasi dengan para pengelola hotel, rata-rata para pengunjung 60 persen telah meninggalkan hotel, sehingga kondisi lalu lintas terpantau lancar,” ujar Kapolres di Lembang, kemarin.

Ia menjelaskan, meski volume arus kendaraan mulai mengalami penurunan, namun jelang menghadapi arus balik liburan kali ini, pihaknya justru menambah jumlah personel yang ada sebagaimana arahan Kapolda Jawa Barat. Dari seluruh petugas kepolisian yang diturunkan untuk mengamankan dan mengatur arus lalu lintas di KBB, khusus di kawasan Lembang sedikitnya 400 personel diturunkan saat ini. ”Wilayah Lembang kita pantau terus agar lalu lintas bisa lancar,” paparnya.

Selain di Lembang, lanjut Kapolres, pihaknya juga menempatkan petugas gabungan lalu lintas, sabhara dan dokpol di rest area km 125 Tol Purbaleunyi, guna membantu masyarakat yang melintas di jalur tol tersebut. ”Kita juga mengimbau kepada pengendara agar tetap berkonsentrasi dalam menjalankan kendaraannya, jika lelah atau mengantuk, agar istirahat sejenak untuk memulihkan stamina di tempat yang aman,” tandasnya. (drx/fik)

Tinggalkan Balasan