Warga Sulsel Jalin Silaturahmi

bandungekspres.co.id, CICENDO – Ribuan warga Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) menghadiri halal bihalal di Gedung Bhayangkara, Cicendo, Bandung, Minggu (14/8). Kegiatan rutin tersebut agar warga Makassar dan daerah lain di Sulawesi Selatan yang berada di perantauan, untuk meningktakan silaturahim.

Ketua KKSS Sri Asri Wulandari mengatakan, warga Sulsel yang tergabung di KKSS sebanyak 5.000 orang dengan berbagai macam profesi, mulai dari mahasiswa, pedagang, dosen, dokter, dan sebagainya. Halal bihalal ini bertujuan menjaga silaturrahim, tolong menolong antar sesama dan tentunya mendukung program Pemerintah Kota Bandung dan Jawa Barat.

”Ini merupakan kegiatan rutin yang biasa diadakan setiap tahunnya,” kata Sri kepada wartawan di sela kegiatan. Menurutnya, selain halal bihalal berbagai kegiatan lainnya dilakukan oleh KKSS, seperti pasar murah yang diadakan di wilayah Batununggal. Dia menerangkan KKSS juga memiliki berbagai kegiatan seni budaya.

”Dalam waktu dekat kami akan menampilkan festival kuliner khas Sulawesi Selatan,” jelas Asri.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat KKSS, Alwi Mahmud memaparkan, paguyuban ini sudah lama terbentuk. Bahkan sejak zaman penjajahan Belanda, karena orang Sulawesi sejak dulu memang suka merantau. Adapun orang yang membentuk Paguyuban Pasundan berasal dari Bugis karena beliau menikah dengan orang Jawa Barat.

”KKSS dibentuk agar kita semua bisa bersatu, dengan motto ’Di Mana Tanah Dipijak, di Situ Langit Dijunjung’. Selain itu diharapkan tumbuh semangat gotong-royong dan tolong-menolong antar sesama,” pungkasnya. (a1/dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan