Wagub Ingin Bandung dan Cimahi 100 Persen UNBK

Diakui olehnya karena setiap sekolah memiliki murid yang berbeda. Sehingga kebutuhannya akan berbeda satu sekolah dengan sekolah lainnya. ”Kekurangan setiap pelaksanaan Unas pasti, tapi kita berusaha untuk melaksanakan sebaik mungkin,” ujarnya.

Kepala Dinas Kota Bandung Elih Sudiana menngatakan, aturan terbaru bahwa Sekolah internasional atau yang kini menjadi satuan pendidikan kerj‎a sama (SPK) diwajibkan melaksanakan ujian nasional (Unas). ”Hal ini bukan merupakan hukuman namun untuk memperjuangkan hak-hak siswanya,” tuturnya.

Di Kota Bandung, kaa dia, terdapat tiga sekolah internasional yang mengikuti Unas. Di antaranya Bandung Independent School, Nehru Internasional School Bandung dan Temasek. ”Meski pun siswa internasional yang ikut Unas memang tidak sebanyak siswa asli daerah,” tuturnya lagi.

Elih mengatakan, ada sekitar 30 orang siswa internasional yang mengikuti Unas berbasis komputer. ”Semua berjalan dengan baik, soalnya masih sama baik UNBK sekolah biasa atau internasional hanya bahasanya saja,” ungkap Elih.

Kepala Sekolah SMKN 8 Bandung Euis Purnama mengatakan, UNBK memang kali pertama dilakukan di SMKN 8 Bandung. Namun demikian, UNBK juga telah dilakukan di SMKN 1, SMKN 3 dan SMKN 13. ”Tahun lalu cuma ada 3 SMKN, sekarang ada 29 SMKN yang melaksanakan UNBK,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat Abubakar meninjau UNBK di SMAN I Lembang, kemarin (4/4). Abubakar yang didampingi Kepala Bidang SMA pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bandung Barat Hasanudin meninjau setiap ruangan untuk memastikan pelaksanaan Unas berjalan baik.

Abubakar mengaku, sempat khawatir pelaksanaan hari pertama UNas banyak siswa yang tidak hadir. Sebab, semalam berlangsung pertandingan sepakbola, final Piala Bhayangkara antara Persib Bandung melawan Arema Cronus. ”Sempat khawatir juga. Tapi Alhamdulillah, 100 persen siswa yang ikut UNBK hadir. Jumlah siswa peserta UNBK di SMAN 1 Lembang berjumlah 351 siswa. Mereka akan melaksanakan UNBK secara bergantian dibagi ke dalam tiga shif,” kata Abubakar di SMAN I Lembang.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang SMA pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten BandUnas g Barat Hasanudin menambahkan, Unas di Kabupaten Bandung Barat  terdiri atas 48 SMA, 81 SMK, dan 60 MA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan