Voli Jabar Menang Telak, Netty Berharap Tetap Jaga Faktor Non Teknis

bandungekspres.co.id – TIM bola voli putrid Jawa Barat berhasil menekuk tim papua dengan kemenangan telak 3-0 pada semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX cabor Voli di GOR Sabilulungan, Soreang, kemarin (19/9). Kemenangan ini mengantarkan voli putri Jabar melangkah ke babak final.

Manajer tim bola voli Jawa Barat, Netty Prasetiyani mengingatkan, tim untuk tetap menjaga faktor nonteknis pascakemenangan atas Papua. Netty menegaskan, tim bola voli Jawa Barat harus bermain tanpa beban meskipun bertindak selaku tuan rumah PON XIX 2016.

”Saya akan mengulang hal yang sama bahwa teknik dan keterampilan serta kemampuan fisik menjadi hak sepenuhnya pelatih. Sedangkan saya hanya menambahkan faktor-faktor nonteknis saja,” kata Netty kepada.

Selain bertindak sebagai tuan rumah, tim putri bola voli indoor Jawa Barat juga dihuni oleh berbagai pemain berstatus profesional yang bermain di Proliga dan menjadi langganan tim nasional Indonesia. Untuk itu, dia meminta kepada para pemain agar tidak menganggap enteng lawan-lawannya yang dapat mengganggu konsentrasi bermain mereka.

”Yang harus dijaga betul adalah mereka bermain lepas, tidak terbebani, tapi betul-betul all out dalam bermain. Saya juga berpesan kepada mereka agar tidak menganggap remeh lawan-lawannya baik dari Pulau Jawa ataupun dari luar Jawa,” kata Netty.

Dalam sebuah pertandingan, semua tim yang berlaga dipastikan akan memberikan kemampuan mereka baik itu tim unggulan ataupun underdog. Maka, sambung Netty, tim voli Jawa Barat pun harus bertindak yang sama yaitu menganggap semua kompetitor sebagai lawannya yang sepadan. ”Semua lawan harus dianggap sama. Supaya kita lebih fokus agar target emas tercapai,” pungkas Netty.

Sementara kapten tim Jawa Barat, Yolla mengatakan, saat melawan Papua dirinya dan anggota tim lainnya sempat merasakan tegang. Sebagai tuan rumah, hal itu dianggap Yolla wajar. Beruntung seiring berjalannya pertandingan dia bersama rekannya yang lain mampu mengatasi ketegangan itu.

”Pertandingan berjalan mulus. Tadi kami sempat tegang karena takut kehilangan set. Sekarang kita bisa lebih fokus mengejar emas,” ujar Yolla. (bbs/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan