Tularkan Smart City, Kota Bandung Raih Penghargaan Telkom Nusantara Award

bandungekspres.co.id, REGOL – Bandung sebagai kota yang mengedepankan smart city sebagai ujung tombak dalam menjalankan manajemen pelayanan masyarakat kembali mendapatkan apresiasi dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Pengharagaan ini diserahkan secara langsung oleh Direktur Divre PT Telkom Ketut kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung Selasa (16/8).

Penghargaan Telkom Nusantara Award ini diserahkan oleh PT Telkom Kepada Kota Bandung dalam rangka Program 71 Bhaktiku untuk Negeri. Kota Bandung dinilai sebagai Kota yang banyak sekali mempengaruhi Kota-kota lain di Indonesia dalam bidang smart city.

Wali Kota Bandung yang akrab di sapa Emil ini mengungkapkan, dirinya sangat bersyukur Kota Bandung kembali mendapat apresiasi atas salah satu hasil pembangunannya. ”Alhamdulilah, Kota Bandung kembali mendapat Apresiasi dari salah satu perusahaan Telekomunikasi terbesar yaitu PT Telkom, terkait Kota Bandung sebagai Kota yang sangat mempengaruhi perkembangan smart city se-Indonesia dan juga sebagai kota yang mengetahui smart city se- Asia Afrika,” tukas Emil.

Smart city sebagai teknologi, sambung Emil, kini sudah populer serta diakui dunia sebagai suatu sarana dalam membantu mengoptimalkan banyak hal dalam proses pembangunan. ”Dunia sudah mengakui dan menjadikan suatu pakem atau standar bahwa smart city adalah suatu teknologi yang dapat memperbaiki pelayanan manajemen kota dan sangat efektif,” tandas Emil.

Di samping itu, smart city menjadi sangat efektif karena dibagi menjadi tiga bagian. ”Bandung membagi smart city menjadi tiga bagian, yaitu digitalisasi, interaksi dan mesin ke mesin. Sehingga nantinya akan banyak proses tidak memerlukan orang dan bisa meminimalisasi KKN dan human error dalam pelayanan,” Tegas Emil.

Pada bagian lain Emil menegaskan smart city itu bukan gaya hidup yang musiman atau untuk gaya-gayaan, tetapi suatu cara terdepan dalam memanajemen suatu pelayanan bagi masyarakat. (edy/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan