Tim Catur Jabar Raih 4 Emas di Thailand

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Tim catur Jawa Barat makin optimistis menjadi juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, setelah berhasil meraih 4 emas dan 2 perunggu pada 17th Asian Age Chess Championship di Dusit Thani Hotel, Pattaya-Chon Buri, Thailand, Minggu (29/5/2016) hingga Selasa (7/6/2016).

”Atlet-atlet Pelatda PON XIX 2016 yang try out ke Pattaya Thailand mengikuti 17th Asian Age Chess Championships memperoleh hasil yang baik dengan 4 emas dan 2 perunggu dan ini merupakan hasil yang sangat memuaskan dan membuat kita semakin optimistis di PON nanti,” ungkap Sekertaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jabar, Dicky Irvan Firmansyah,  saat ditemui di KONI Jabar, Jalan Pajajaran Bandung.

Dicky mengatakan, Jabar meraih dua emas dari catur standar perorangan, catur kilat perorangan dan nomor catur kilat beregu. Melihat ini jelas kalau pecatur Jabar memiliki kualitas, apalagi pecatur andalan Jabar di putri Irene Kharisma nanti turun saat PON semakin kuat catur Jabar.

”Kita menurunkan tiga orang atlet putri terdiri dari Dita Karenza, Diajeng T Singgih, dan Vania Vindi, dengan didampingi pelatih Lilis WN, ketiganya bisa mendapatkan medali dalam ajang ini,” jelasnya.

Diakuinya dalam ajang ini yang merupakan ajang tingkat ASEAN ini dipenuhi pecatur-pecatur unggulan ASEAN di kelasnya dengan banyak  katagori nomor yang dipertandingkan.

”Kita sangat beruntung bisa mengikuti kejuaran ini, karena banyak atlet-atlet catur dari negara lain yang ikut dan kami bisa meraih hasil yang sangat baik sekali,” paparnya.

Pihaknya mengakui kalau kejuaraan ini sebagai ajang try out bagi pecatur wanita, yang selama ini hanya diisi dengan latihan saja bisa melakukan uji kemampuan di ajang ini dan hasilnya sangat baik.

”Dengan hasil try out ini kita dapat mengevaluasi perkembangan atlet dalam  sentralisasi selanjutnya, di nomor mana merekka harus ditambah porsi latihan dan di nomor mana mereka akan di khususkan dalam nomor pertandingan nanti,” ungkapnya. (kon/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan