Terjunkan 135 Personel, Amankan Jalur Mudik

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bandung Barat menerjunkan 135 personel untuk mengamankan arus mudik dan arus balik pada H-7 Lebaran. Personel akan diterjunkan di beberapa titik kemacetan seperti di Lembang, Padalarang, dan Cipapat. Personel akan bekerjasama dengan pihak kepolisian dari Polres Cimahi untuk mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan parah.

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalulintas Dishubkominfo Kabupaten Bandung Barat A. Fauzan menjelaskan, personel ini akan mulai turun pada H-7 Lebaran yang tersebar di beberapa titik. Selain mengatur arus lalu lintas, ada juga personel yang bekerja untuk menghitung arus mudik dan balik kendaraan yang masuk ke Kabupaten Bandung Barat. ’’Tugasnya ada yang mengatur arus lalu lintas membantu pihak kepolisian. Ada juga yang bertugas menghitung kendaraan baik yang melewati Padalarang maupun Lembang,’’ katanya, di Ngamprah, kemarin.

Diungkapkannya, selain menerjunkan personel, pihaknya juga pada H-7 Lebaran sudah mendirikan 3 pos pengamanan. Ketiganya berada di Lembang, Padalarang, dan Cipapat. Tiga lokasi itu dipilih lantaran kerap menjadi titik kemacetan. ’’Karena tiga lokasi ini merupakan titik perbatasan dengan beberapa wilayah lain sehingga seringkali terjadi kemacetan. Makanya dibutuhkan pos pengamanan agar mudah mengatur lalu lintas,’’ paparnya.

Untuk memudahkan pemantauan arus lalu lintas, pihaknya juga sudah memasang Camera Closed Circuit Television (CCTV) di 11 titik. Seperti 6 CCTV di Padalarang, 4 CCTV di Lembang dan 1 CCTV di Cimarema dekat Samsat. ’’CCTV ini membantu petugas untuk memantau titik kemacetan yang terjadi pada mudik tahun ini. Ketika petugas memantau ada kemacetan parah, maka akan lebih mudah untuk mengatur kemacetan tersebut,’’ sahutnya.

Tidak hanya jajaran Dishubkominfo yang mempersiapkan jelang arus mudik dan balik, jajaran Polres Cimahi juga mempersiapkan peninjauan ke beberapa lokasi. Polres Cimahi meninjau sejumlah titik yang dianggap menjadi jalur keramaian yang dilalui oleh kedaraan pada saat mudik. Ini dapat dilihat saat Kapolres Cimahi Ajun Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi meninjau sejumlah lokasi arus mudik beberapa waktu lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan