Tempatkan Personel di Titik Kepadatan

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Kepolisian Resor Cimahi akan menurunkan 400 personelnya untuk melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas selama libur panjang Hari Raya Paskah dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW pekan ini. Para petugas akan ditempatkan di sejumlah titik kepadatan lalu lintas, terutama di Lembang dan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

‪Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi Ajun Komisaris Silfia Sukma Rosa mengungkapkan, ratusan petugas tersebut akan diturunkan mengingat waktu liburan kali ini cukup panjang, yakni dari Kamis-Minggu. Dia memprediksi, volume kendaraan yang melintasi Lembang dan Padalarang akan naik signifikan.

’’Sesuai instruksi Kapolres, para anggota akan ditempatkan di titik-titik kepadatan. Utamanya, di jalur Lembang yang merupakan daerah wisata,” ujarnya, kemarin.

‪Silfia mengungkapkan, kawasan Lembang memang selalu padat setiap libur panjang. Selain karena daerah wisata, kepadatan juga terjadi lantaran aktivitas masyarakat seperti di Pasar Panorama Lembang.

Tak hanya di Lembang, menurut dia, wilayah Padalarang juga menjadi fokus perhatian. Soalnya, wilayah itu menjadi perlintasan dari arah Cianjur menuju Bandung serta terdapat akses tol masuk dan keluar wilayah Bandung Barat. ’’Jika kepadatan memuncak, kami akan berlakukan buka tutup. Teknisnya disesuaikan nanti dengan kondisi di lapangan,” katanya.

‪Selain itu, perbaikan Jalan Padalarang dekat pertigaan Tagog juga akan dihentikan sementara. Hal itu untuk mengurai kemacetan di jalur utama serta akses dari dan menuju Tol Padalarang.

’’Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk menghentikan sementara perbaikan jalan di Padalarang. Soalnya jika jalur itu ditutup, bisa menghambat jalur utama dan akibatkan antrean panjang,” tukasnya.

Sementara itu, Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan KBB Fauzan mengaku akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengurai kemacetan. Namun, dia belum memastikan teknis penanganan di lapangan pada libur panjang nanti. ’’Yang jelas kami akan tetap berkoordinasi dengan kepolisian. Teknisnya belum bisa disampaikan. Mungkin besok (hari ini), bisa diinformasikan,’’ tuturnya.

‪Seperti diketahui, akses jalan utama Bandung-Lembang kerap padat saat musim liburan. Hal ini ditambah dengan munculnya beberapa destinasi wisata baru yang memicu kemacetan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan