Tarung Derajat Terus Matangkan Kemampuan Atlet

 

TARUNG Derajat terus mempersiapkan atletnya agar meraih banyak medali saat berlangsungnya PON XIX/2016, September mendatang. Untuk mematangkan teknik dan mental bertarung, atlet Tarung Derajat berencana menggelar try out ke Nangroe Aceh Darussalam dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rencananya try out akan dilaksanakan pada Mei mendatang. ”Kita masih menunggu keputusan dari KONI Jatim tentang try out ini. Harapannya sih memang disetujui untuk lebih mematangkan teknik anak-anak,” ujar pelatih puslatda tarung derajat Jatim Denny Buldani, kemarin (12/4).

Dipilihnya Aceh sendiri, menurut Denny, sebab dari sana muncul petarung-petarung hebat. Pengembangan bibit baru petarung juga terbilang bagus. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan Aceh menempati urutan kedua umum dalam kejuaraan nasional. Sedangkan NTB dipilih, karena di provinsi beribukota Mataram ini memiliki petarung perempuan yang tangguh. Hal itu sangat bagus untuk melihat kemampuan atlet dari uji tanding ini.

”Kita ajukan ke dua provinsi itu tak lama untuk try out. Setelah itu, kita kembali untuk lakukan evaluasi. Jika hasilnya bagus, kita akan lanjut ke NTB untuk try out kembali,” paparnya saat ditemui di lapangan KONI Jatim, kemarin.

Denny pribadi memang berharap di NTB bisa berangkat. Karena, petarung wanita Jatim merupakan harapan emas di PON XIX/2016. Sehingga memang diperlukan mencari lawan tanding melawan NTB yang memang dirasa memiliki petarung perempuan yang bagus.

”Dua petarung cewek kita diharapkan bisa meraih emas di PON 2016 Jabar. Untuk itu, mereka harus banyak berlatih dan melawan petarung NTB sangat cocok untuk memberi pengalaman kepada mereka,” tuturnya.

Tarung derajat sendiri menargetkan dua emas pada PON XIX, September mendatang. Sementara itu, pada gelaran pra PON, Jatim berhasil membawa pulang dua emas. Raihan tersebut berhasil disabet oleh Rismianty Amelia kelas 45-50 kg dan Siti Rofikoh kelas 50-54 kg. Keduanya kini tegah mempersiapkan untuk tampil diajang internasional di Malaysia.

Selain Aceh dan NTB, satu lagi kekuatan yang akan diwaspadai Jatim di PON XIX Jabar. Satu tim tersebut yaitu Bali. Tim pulau dewata ini memiliki petarung pria yang kuat. Meskipun begitu, para petarung Jatim tak gentar mengahadapi musuhnya dam siap membawa pulang medali emas yang teah dicanangkan. (bae/jpg/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan