Tanamkan Etika di Kalangan Remaja

bandungekspres.co.id , CIMAHI – Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, DPD Partai Perindo Kota Cimahi, Vinny Merviani mengatakan, saat ini penting diajarkan kembali pendidikan moral bagi generasi bangsa. Pasalnya, etika dan sopan santun yang selalu diajarkan bangsa ini kian luntur.

”Saya berpendapat apa yang dilakukan masa yang lalu dengan diajarkannya Pendidikan Moral Pancasila, saya merasa miris melihat anak-anak sekarang yang melakukan kegiatannya bebas tidak jelas, seperti yang tidak punya norma-norma, etika, sopan santun sama yang lebih tua, karenanya saya sangat mendukung jika di sekolah diajarkan lagi PMP atau P4,” ungkapnya, kemarin (17/4).

Dirinya mengatakan, kondisi moral dan etika masyarakat sudah mengalami kemerosotan. kerapuhan moral dan etika bangsa yang semakin terlihat jelas. Buktinya, terjadi kasus kekerasan antar kelompok, tawuran pelajar, dan banyak lagi.

Untuk mengembalikan generasi muda yang memiliki nilai dan etika yang baik, perlu diaktifkan kembali kegiatan kepemudaan dari mulai lingkungan terkecil, seperti Karang Taruna. Tujuannya,  agar anak-anak muda punya wadah untuk lebih mengembangkan potensinya. ”Jika kondisinya memungkinkan, dibuatkan sarana seperti GOR yang bisa menjadi tempat mulai usia anak  SMP atau  dewasa bisa melakukan banyak kegiatan yamg berguna,” ungkapnya.

Disamping itu keberadaan sarana bagi remaja bisa menjadi pemusatan aktivitas remaja dalam menampung dan menyalurkan minat serta bakat para remaja dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan. ”Dengan disibukan kegiatan rutin yang positif, diharapkan dapat menghasilkan remaja yang mandiri, dan berprestasi, sehingga mengurangi kecenderungan remaja melakukan hal-hal negarif,” paparnya. (bun/asp)

Tinggalkan Balasan