Tak Terpengaruh Aksi di Jakarta, Angkutan Umum Tetap Beroperasi

bandungekspres.co.id – Ribuan sopir angkutan umum yang berunjuk rasa di Istana Negara, tidak berimbas kepada angkutan umum di Kota Bekasi. Para awak bus tetap beroperasi seperti biasanya.

Sopir patas 9A jurusan Senen-Bekasi, Endang Kurnia, misalnya mengaku aksi mogok dilakukan oleh para sopir yang berada di dalam Kota Jakarta karena mereka menolak transportasi berbasis aplikasi online. Dengan beroperasinya transportasi online menyebabkan menurunnya jumlah penumpang yang lebih memilih menggunakan transportasi online. ’’Patas di Bekasi gak ikut demo, sudah diwakili sama teman-teman di Jakarta. Mulai dari kopaja, patas, metromini dan taksi,’’ ucap pria asal Bandung ini.

Endang melanjutkan wilayah Bekasi, angkutan umum seperti patas antar kota, beroperasi seperti biasa. Dan memang tidak ada aksi mogok. Jam operasionalnya pun tidak ada perubahan seperti biasa.

Menurut Endang transportasi daring memang menyebabkan menurunnya jumlah penumpang. Pihaknya juga berharap pemerintah seharusnya mendukung transportasi umum yang sudah eksis sejak lama dan melakukan peremajaan terhadap angkutan yang sudah ada, sehingga menarik masyarakat untuk tetap menggunakan angkutan yang memang sudah ada dari dulu.

’’Seharusnya diperbaharui aja yang sudah ada, jangan menambah dengan yang baru lagi dan menggeser angkutan yang sudah ada. Ini kan menyangkut hajat hidup orang banyak,’’ keluhnya.

Pantauan Radar, di perempatan Bulakkapal tetap dipenuhi calon penumpang yang menuju Jakarta seperti biasa. Hanya saja penumpang asal Bekasi yang menuju Jakarta sempat mengkhawatirkan sesampainya di Jakarta tidak ada angkutan umum yang menyambung rute selanjutnya.

’’Dari Bekasi angkutan banyak gak ada yang demo. Tapi gak tau deh tar sampai Blok M ada angkutan apa gak ke Fatmawati. Khawatir juga kalau gak ada angkutan naik apa lagi,’’ ujar Astri penumpang asal Bekasi menuju Blok M ini.

Astri berharap aksi demo para sopir ini tidak berlangsung lama. Agar tidak menghambat masyarakat yang memang menggunakan transportasi umum.

Terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi Edy Setiawan menuturkan, untuk Kota Bekasi memang tidak ada yang ikut melakukan aksi demo di Istana Merdeka. ’’Biasa aja gak ada yang ikut demo kok. Angkutan di sini tetap beroperasi seperti biasa yah mudah-mudah demo hari ini tidak berimbas ke daerah-daerah,’’ pungkas Edy. (dat/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan