Tak Sekadar Tebar Senyum, Kini Jaga Gerbang dan Kendaraan

Eksistensi Srikandi Satpol PP Kabupaten Bandung

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bandung, kini mulai menunjukkan eksistensinya. Jika dulu selalu diisi oleh personel laki-laki, maka kini sudah mulai diisi perempuan. Muda dan cantik, mereka kini menjadi Srikandi Satpol PP.

Igun Ruchiyat, Soreang

BELUM lama ini, Pemkab Bogor menjadi tuan rumah peringatan hari ulang tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-54 di Bogor. Peringatan tersebut diikuti personel Satpol PP se-Jawa Barat, termasuk anggota Satpol PP Kabupaten Bandung.

Tak hanya itu, kegiatan juga dihadiri anggota Linmas, Dishub, Kepolisian, TNI dan Polisi Militrer yang berkontribusi sebagai peserta apel HUT Satpol PP.

“Saya sendiri datang bersama jajaran personel Satpol PP Kabupaten Bandung yang dipimpin pak Kasat Pol PP Kabupaten Bandung Drs Usman Sayogi MSi,” tutur Fenny Nidiantiny anggota Satpol PP Kabupaten Bandung kemarin.

Dia mengatakan, selain memberikan selamat, rata-rata para pejabat juga berharap ada bentuk penghargaan lain kepada anggota yang telah mengabdi dan memberikan loyalitas mereka kepada pemerntah. Meski dengan berbagai catatan.

”Dalam menegakkan Perda, sebaiknya Satpol PP tidak melakukan kekerasan dengan alasan apapun. Sebaiknya ke depankan cara-cara dialog dan persuasive,” urainya.

Alhamdulillah setiap pelaksanaan penertiban di Kabupaten Bandung selalu berjalan mulus tanpa adanya bentrokan antara personel Satpol PP dengan masyarakat yang ditertibkannya itu,” tambah Fenny.

Kasatpol PP Usman Sayogi mengatakan, ulang tahun Satpol PP ke-65 dan Satlinmas ke-54/2016 ini diperingati di tingkat Jabar secara resmi, Selasa (15/3) di Bogor Jawa Barat. Dia mengatakan para srikandi Satpol PP ini bukan bertugas untuk tebar pesona karena kecantikkannya, melainkan ini lebih membuktikan pengabdiannya terhadap daerah.

”Bahwa meskipun mereka perempuan namun mampu melaksanakan tugasnya sebagai penegak Perda di Kabupaten Bandung dengan tegas dan berwibawa,” terangnya.

Tugas yang dilaksanakan Srikandi Satpol PP sama halnya dengan petugas Satpol PP laki-laki. Sebelumnya petugas Satpol PP wanita hanya di bidang administrasi, namun kini mereka juga bertugas di lapangan.

”Kali ini mereka juga bekerja di lapangan sebagai penjaga rumah dinas atau bahkan menunggu kendaraan yang masuk ke komplek Pemkab Bandung. Bahkan khusus Jumat, mereka menjaga kendaraan yang di parkir saat pelaksanaan salat Jumat di komplek Pemkab Bandung,” ungkap Yogi. (gun/rie)

Tinggalkan Balasan