Suriname Tawarkan Kerjasama Investasi

Dua anggota delegasi lainnya yang datang dari Suriname adalah Cindy S. Radji (Managing Director Garuda Radio & Televisie) yang merupakan jaringan media pertama yang melakukan siaran dalam Bahasa Jawa, serta Eduard Kidjo yang bergerak di bidang perbankan. ”Besok (hari ini) kami akan ketemu KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Industri, lalu Rabu ke Semarang bertemu Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo),” ujarnya.

Chairman Jawa Pos Dahlan Iskan mengatakan, Suriname memang memiliki potensi investasi yang cukup besar, misalnya di sektor telekomunikasi, kelistrikan, perbankan, hingga perkebunan. ”Misalnya, perusahaan telekomunikasi di sana pasti size (ukuran) nya belum terlalu besar, jadi ada peluang bagus untuk diakuisisi dan dikembangkan,” kata Dahlan yang juga tertarik menjajaki pengembangan 2 ribu hektare tanaman untuk bahan baku kertas di Suriname.

Sementara itu, Dubes Indonesia untuk Suriname dan Guyana Supratikto menyebut jika saat ini para pengusaha keturunan Jawa di Suriname tengah giat mengembangkan semangat kewirausahaan di kalangan anak muda. ”Jadi bukan hanya kerjasama investasi saja, tapi juga pengembangan sumber daya manusia,” ucapnya. (owi/agm/rie)

Tinggalkan Balasan