Skema  4-3-3 Jadi yang Utama

bandungekspres.co.id – PELATIH Persib, Dejan Antonic mengaku sudah memiliki komposisi baku timnya untuk mengarungi turnamen jangka panjang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Tak berbeda jauh dengan turnamen-turnamen pra-musim, Dejan akan mematenkan formasi 4-3-3 sebagai yang utama.

”Kita sudah ada formasi yang kita mau untuk bermain dan formasi kita tetap sama seperti biasa dulu, engga ada yang berubah. Mungkin dari 4-3-3, 4-1-4-1, dan itu sudah oke,” papar Dejan saat ditemui usai memimpin berlatih, kemarin (15/4) di Lapangan Progresif Bandung seperti dilansir Simamaung.

Mengenai komposisi pilar, Dejan memilih untuk merahasiakannya dan tergantung dari situasi kebutuhan. Publik sendiri yang akan melihat bagaimana skema yang ia terapkan berkembang.

Bila dilihat dari pertandingan Persib yang dijalani, pelatih asal Serbia itu sering mengandalakan dua poros ganda yang memiliki kriteria berbeda. Dalam hal ini Hariono-Taufiq atau Hariono-Kim Jeffrey dalam formasi 4-2-3-1.

Mempersiapkan ISC, datangnya Robertino Pugliara dan pulihnya Rachmad Hidayat membuat Dejan semakin leluasa mengembangkan formasi 4-3-3 ke 4-1-4-1 atau 4-1-2-3–menempatkan gelandang yang lebih menyerang di belakang striker. Formasi tersebut tentu dialihkan ketika tim benar-benar dalam situasi menyerang.

”Kita lihat nanti, kita coba-coba pemain yang bagus. Saya tentu punya yang lainnya (posisi di tengah). Ada Rachmad, engga ada banyak pilihan tapi tetap cukup,” bebernya.

Pelatih berlisensi UEFA Pro itu juga sudah menyiapkan strategi dalam beberapa plan. Turnamen panjang memang mengharuskan setiap pelatih ahli dalam menanggulangi setiap kondisi. ”Skema sudah di siapkan, harus ada plan A dan plan B,” tukasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan