Petugas Sita 1,4 Juta Butir Petasan

bandungekspres.co.id, INDRAMAYU – Pengiriman petasan sebanyak 1,4 juta butir berhasil digagalkan petugas Polsek Jatibarang, Jumat (10/6) dini hari. Rencananya, petasan yang diangkut menggunakan mobil bak terbuka dengan ditutupi muatan kerupuk itu akan dikirimkan ke wilayah Sumedang.

Kapolres Indramayu AKBP Eko Sulistyo Basuki melalui Kapolsek Jatibarang Kompol Asep Wawan mengatakan, jutaan butir petasan beserta kendaraan pengangkut dan pengemudinya itu sudah diamankan di markas komando. Digagalkannya pengiriman tersebut berawal dari kecurigaan petugas patroli. ”Bahkan kami sempat terkecoh. Sebab, muatan yang ditutupi terpal itu di tumpukan atasnya berupa kerupuk udang,” jelasnya didampingi Kanit Reskrim, Ipda Marsad.

Sebelumnya, mobil jenis colt bak berplat nomor E 8488 PN itu melaju dari arah Indramayu kota menuju Jatibarang. Setibanya di Jalan Raya Desa Jatisawit, mobil berwarna hitam itu menyalip mobil patroli polsek. Polisi yang curiga karena mobil terlihat mengangkut muatan cukup berat berusaha mengejar untuk diberhentikan.

Beberapa lama kemudian, mobil target dipaksa menepi. Pengemudinya, Sudono, 48, warga Desa Lobener Lor, Kecamatan Jatibarang yang ditanya berusaha meyakinkan polisi bahwa muatannya berupa kerupuk udang yang akan dikirim ke luar daerah.

”Tumpukan atasnya memang kerupuk udang. Tapi, saat diperiksa ternyata muatannya terdapat 125 dus berisi 1.444.000 butir petasan,” ungkapnya.

Dengan hasil tersebut, lanjutnya, patroli akan lebih diintensifkan lagi guna menutup akses dan ruang gerak peredaran petasan. Terlebih saat ini menjadi momen tepat bagi penjual dan pembeli untuk memenuhi permintaan pasar hingga lebaran tiba.

”Kami pun mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan petasan, selain mengganggu juga dapat menimbulkan bahaya,” tukasnya. (tar/rie)

Melempem sebelum Terjual

  • Mobil jenis colt bak berplat nomor E 8488 PN itu melaju dari arah Indramayu kota menuju Jatibarang
  • Mobil yang dikemudikan Sudono menyalip mobil patrol
  • Saat diperiksa, sopir meyakinkan jika itu hanya kerupuk
  • Ketika diperiksa lebih lanjut, polisi menemukan 125 dus berisi 1.444.000 butir petasan

*Data diolah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan