Sisir Tempat Rawan Kejahatan

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Untuk persempit ruang gerak pelaku tindak kriminalitas, Polres Cimahi melaksanakan patroli skala besar. Dalam kegiatan tersebut Polres Cimahi dibantu oleh tim gabungan dari unsur TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Cimahi Ajun Komisaris Muncar Sudiono mengatakan, pihaknya melakukan penyisiran ke sejumlah kawasan yang dianggap rawan akan tindak kejahatan di wilayah hukum Polres Cimahi (Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat). ’’Tadi malam, kami lakukan operasi sekaligus memberikan imbauan kepada masyarakat yang masih nongkrong dijalan hingga larut malam,” kata Muncar, di Mapolres Cimahi, kemarin.

Muncar menjelaskan, pihaknya sama sekali tidak melarang masyarakat, khususnya pemuda untuk berkumpul di jalanan. Namun, untuk menjaga situasi yang kondusif, maka pihaknya melakukan patroli dengan skala besar. ’’Kami bukan melarang mereka berkumpul di jalan, namun alangkah baiknya, jika tidak ada yang dikerjakan atau hanya sekedar berkumpul, lebih baik di rumah saja,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, anggota Polres Cimahi bersama tim gabungan memberikan imbauan langsung kepada masyarakat mengenai hal-hal yang berpotensi menimbulkan tindak kejahatan.

Pada saat operasi, petugas melakukan pemeriksaan kepada pemuda yang sedang nongkrong di jalan sekaligus memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraannya. ’’Ini untuk antisipasi adanya kendaraan yang bermasalah tapi masih digunakan oleh masyarakat. Makanya mereka kami imbau agar tidak melakukan tindakan itu,” tukasnya.

Untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman, masyarakat dan aparat keamanan harus bersama-sama menjaganya, agar tindak kriminalitas yang bisa mengancam siapa saja bisa dicegah. ’’Untuk menjaganya, sudah tentu masyarakat dan aparat harus bersinergi,” pungkasnya. (bun/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan