Sinergi Dukung Pembangunan Jabar

bandungekspres.co.id – Rapat Pimpinan Daerah TNI-Polri Jawa Barat digelar di Gedung Sebaguna Turangga Jurit Jenderal Soesilo Soedarman Pusdik Kav Kodiklat TNI AD, Padalarang, Jumat (26/2), diikuti oleh para pejabat teras TNI AD, TNI AU dan TNI AL di wilayah Jabar, Polda Jawa Barat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pemerintah Jawa Barat berupaya dalam melaksanakan pembangunan dan menjalankan program pemerintah, membutuhkan situasi yang aman dan kondusif. Semua itu dapat terwujud apabila aparat keamanan dalam hal ini TNI dan Polri dapat bersinergi dan bekerja sama dalam menciptakan serta memelihara stabilitas keamanan tersebut. Dengan demikian pembangunan dapat dijalankan dengan baik dan optimal.

Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal Hadi Prasojo menguraikan, langkah konkrit di lapangan perlu direalisasikan dengan mengedepankan keterpaduan dan kerja sama semua komponen terkait terutama antara TNI, Polri serta unsur pemerintahan di Jabar didukung oleh komponen lainnya dalam mengantisipasi dan merespon ancaman yang dapat mengganggu keamanan.

Bertitik tolak dari tugas masing-masing instansi, dimana pemerintah Jawa Barat mempunyai tugas pokok meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat, Kodam III/Siliwangi mempunyai tugas pokok menyelenggarakan Binter dan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan di Jawa Barat dan Banten. Sementara, Polda Jabar mempunyai tugas pokok memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat Jawa Barat.

Maka untuk mencapai tugas yang optimal dituntut adanya sinergitas dari TNI dan Polri, serta unsur Pemerintah Daerah dalam mendukung kebijakan pemerintah. Sesuai dengan tema Rapimda TNI-Polri yaitu ”Dilandasi Profesionalisme dan Revolusi Mental Sinergi TNI dan Polri Siap Mengamankan Kebijakan Pemerintah di Jawa Barat.”

Sedangkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dalam sambutannya, mengatakan, pembangunan merupakan bagian dari agenda bangsa. Jabar menempati posisi yang cukup penting, karena subjek dan objek utama pembangunan bangsa adalah manusia. Sedangkan jumlah penduduk terbesar di negara ini berada Jabar. Menurut laporan BPS per 31 des 2015 berjumlah 46,72 juta jiwa, atau 1/5 dari jumlah penduduk seluruh Indonesia. Maka jika pembangunan di Jabar bisa berhasil, sudah bisa dikatakan cukup sukses dalam pembangunan di Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan