Selamat Jalan Kang Ris

Risnandar Soendoro Meninggal karena Maag Kronis

bandungekspres.co.id– Mantan pemain Persib dan tim nasional Indonesia era 70-an Risnandar Soendoro menghembuskan nafas terakhirnya di kediaman Jalan Ligar Sari Raya No 3 Awiligar, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, kemarin (3/3), pukul 17.52. Almarhum meninggalkan 4 orang anak dan empat orang cucu.

Mantan pelatih Persib tahun 95/96 dan 2006 ini meninggal karena dugaan sakit maag kronis yang dideritanya. Sebelum meninggal Risnandar sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Bandung. ”Sebelumnya bapak dirawat selama lima hari, sempat dipasangi selang karena sulit makan,” ucap anak sulungnya Ris Imantoro, kemarin.

Rencananya almarhum Risnandar akan disalatkan di masjid Al Falaq Kecamatan Cimenyan dan akan dimakamkan Jumat (4/3) selepas salat Jumat. ”Mohon maaf bila bapak banyak salah, kami keluarga sudah ikhlas,” ujarnya.

Adik kandung almarhum Risnandar Soendoro, Giantoro Soendoro menilai sosok kakaknya itu orang yang pendiam. Bukan hanya di dalam lapangan tetapi di luar lapangan pun pendiam.

”Dari seluruh keluarga, dia (Risnandar Soendoro) orangnya pendiam. Dia banyak diem,” ucapnya saat ditemui di kediaman almarhum.

Risnandar merupakan salah seorang pemain belakang terbaik yang pernah dimiliki oleh Persib Bandung, berkat kemampuannya Risnandar dijuluki Franz Beckenbauer dari Indonesia.

Berbagai prestasi pernah ditorehkan oleh Risnandar. Dia pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik nasional pada 1973. Selain itu Risnandar pernah menjadi pelatih Persib pada Liga Indonesia II / 1995-1996 dan LI XII/2006.

Mendengar kabar meninggalnya legenda Persib tersebut, Kapten Tim Persib Bandung, Atep seakan tidak percaya dengan meninggalnya legenda Persib ini. Atep mengenal sosok almarhum sebagai pribadi yang baik dan ramah kepada siapa saja.

”Saya mengenal beliau saat masih di SSB UNI, beliau orang yang sangat baik. Kita tim Persib kehilangan sosok legenda. Kita turut bela sungkawa,” ucap Atep melalui pesan singkat.

Atep mengatakan, merasa sangat kehilangan. Terlebih, dia sudah jarang melihat sosok almarhum di mess Persib. ”Perasan beliau selalu sehat, memang belakangan tidak pernah nongol lagi di mess, biasanya ada. Saya kaget dapat kabar Pak Risnandar meninggal,” urainya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan