Sediakan Bus Khusus untuk Atlet

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Panitia Pekan Paralimpic Nasional (Perpanas XV) akan memfasilitasi seluruh atlet yang berlaga. Salah satunya dengan kendaraan khusus berupa bus sebagai alat transportasi bagi atlet dalam event Perpanas nanti.

Gubernur Jawa Barat selaku Ketua Umum Perpanas mengatakan, kendaraan ini dipesan dan didesain khusus bagi para atlet. ”Bus ini dipesan khusus dengan kondisi 100 persen baru dengan dilengkapi hidrolik dan panel penyangga bagi atlet atau kaum difabel,” jelas Heryawan di gedung Sate, kemarin (6/10).

Dirinya menyebutkan, pengadaan bus ini berjumlah 12 unit dengan jenis besar sebanyak 5 unit dan jenis sedang 7 unit.  Sedangkan untuk merek dipercayakan pada Hino dengan harga per unit sebesar Rp 700 juta untuk bus sedang dan Rp 900 juta untuk ukuran besar.

”Bus khusus difabel ini memiliki kapasitas 17 orang untuk difabel dan tambahan kursi bagian belakang yang bisa untuk pelatih dan official,” paparnya.

Heryawan menuturkan, untuk pengadaan bus ini panitia pelelangan menggunakan sistem E-Katalog. Sehingga proses pengadaanya bisa dilakukan cepat tanpa tender. Termasuk harga penawaran termurah dari dealernya langsung.

Menurut dia, pengadaan E-Katalog ini sangat sudah sesuai dengan aturan dan ketentuan pengadaan barang dan jasa. ”Lebih efesien dan efektif,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan, bus-bus ini nantinya bisa digunakan untuk transportasi bagi Sekolah Luar Biasa (SLB) baik milik pemprov, kabupaten/kota maupun swasta. ”Sehingga pasca Peparnas ini bisa dimanfaatkan lagi untuk difabel,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, mekanisme pemberian untuk SLB bisa dilakukan dengan sistem hibah. Dia mengaku, sebelumnya, banyak sekali yayasan yang transportasi untuk kalangan difabal.

”Ini kan baru saja dibeli. Tapi sudah banyak yang memesan, dan nanti semuanya akan dihibahkan keberbagai SLB,” pungkas. Aher. (yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan