Sebelum Digunakan, Jalan Aruman Akan Diuji Kelayakan

Jalan Aruman
PERBAIKAN: Sejumlah pekerja Jalan Aruman tengah membangun drainase jalan, belum lama ini. Sementara
itu sebelum digunakan, Jalan Aruman akan diuji kelayakan oleh gabungan Dinas Perhubungan dan Polisi.

bandungekspres.co.id– Sebelum Jalan Aruman sebagai jalur alternatif lingkar utara dioperasikan, Dinas Perhubungan Kota Cimahi dalam waktu dekat akan melakukan survei bersama dan uji kelayakannya. Kepala Bidang Lalu Lintas (Kabid Lalin) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi Kosasih mengungkapkan, uji kelayakan jalan itu akan dilakukan oleh forum lalu lintas yang terdiri dari Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan dan Polres Cimahi.
”Jika sudah layak, jalan tersebut akan segera dioperasikan. Sebab kalau belum diuji akan sangat membahayakan bagi para pengguna jalan,” katanya kepada wartawan, belum lama ini.
Menurutnya, apabila yang menghubungkan Jalan Pesantren dan Jalan Budi itu dioperasikan, pihaknya akan melakukan rekayasa jalan dengan menyiapkan dua jalur agar bisa dilalui oleh banyak kendaraan. ”Bisa saja nanti ada pengalihan arus lalu lintas sementara,” ucapnya.
Lewat uji kelayakan tersebut, pihaknya akan mengetahui apakah jalan sepanjang 1 KM layak digunakan atau tidak. Hal ini penting guna menghindari kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kondisi jalan yang tidak layak digunakan pengendara umum.
Adapun mengenai kelengkapan rambu lalu lintas, dia memastikan sudah tersedia. Sementara untuk perlengkapan lain yang berhubungan dengan pembangunan fisik tengah disiapkan oleh dinas terkait seperti PU dan DKP.
”Sedangkan mengenai efektivitas dalam mengurangi kemacetan ketika sudah digunakan, itu harus dilakukan kajian agar lebih terukur,” paparnya. (ha/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan