Sajian Kopi Ala Barista

KOPI merupakan minuman yang banyak digemari oleh masyarakat, tak terkecuali bagi kalangan anak muda. Selain aroma dan rasanya yang enak, kopi juga bisa memberi pengaruh bagi manusia. Bahkan beberapa ahli banyak menyebut bahwa kopi bisa mencegah berbagai penyakit dan menghilangkan defresi.

Namun, sebagian dari kita banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengolah kopi menjadi lebih nikmat. Nah, untuk urusan olah mengolah kopi, kita serahkan kepada ’Barista’, mereka adalah orang yang ahli dalam mengolah kopi.

Sobat Zetizen, ada yang pernah denger kata barista? Hmm… pasti masih banyak yang belum tahu nih, it’s oke, kita jelasin di sini ya.

Sebagian besar orang masih memahami bahwa barista itu adalah orang yang membuat kopi di café-cafe, tak salah memang.  Tapi bukan sekedar itu, seorang barista harus memiliki kemampuan mengolah kopi yang baik sehingga menghasilkan suatu hidangan yang nikmat untuk dicicipi. Biasanya mereka meraciknya sedemikian rupa sehingga menarik dan enak untuk dinikmati.

Saat ini banyak kalangan anak muda yang hobi mengkonsumsi kopi. Bahkan mereka memiliki ketertarikan dengan dunia barista. Salah satunya adalah sahabat Zetizen yang satu ini in, namanya Munggaran.

Meskipun masih berusia 20 tahun, dirinya sudah menjadi barista di salah satu cafe terkenal di kota Bandung. Menurutnya, pekerjaan yang dilakukannya sekarang sangatlah asik. Meskipun awalnya dia tidak pernah menyangka akan menjadi barista.

”Awalnya deket rumah ada cafe, coba ngelamar ke situ, dimulai jadi cleaning service, lambat laun naik jadi waiter, naik lagi jadi captain floor, terus jadi bartender. Sempet pindah ke tempat lain buat nambah ilmu, akhirnya dapet kesempatan jadi bar pantry. Dari situ mulai kepikiran pengen nyoba belajar tentang kopi,” ucapnya.

Dengan ketertarikannya menjadi barista, dia pun mulai mencari tempat lain untuk belajar membuat art kopi. Selain sharing dengan temannya yang sudah berpengalaman, dia pun mempelajarinya lewat internet.

”Intinya sih ada kemauan sama jangan takut salah, Insya Alloh kedepannya lancar,” tuturnya.

Munggaran juga menjelaskan, setelah kemarin heboh oleh kasus Jessica, kopi pun jadi semakin banyak diburu. Salah satu kopi yang diburu adalah kopi asal Vietnam. Disajikan dengan simple menggunakan metode coffee drip ditambah susu kental manis membuat kopi ini makin digandrungi anak muda, apalagi harganya relatif murah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan