RSKIA Bandung Bakal Naik Level Jadi Grade A

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung ditargetkan bisa naik level menjadi rumah sakit bertipe A pada tahun ini. Untuk itu, RSKIA saat ini terus berbenah agar pelayanan pada konsumen yang berada di wilayahnya bisa lebih baik.

Salah satu lokasi pelayanan kesehatan milik pemerintah itu pun tengah mempersiapkan berbagai program yang akan digulirkan dan upaya pengembangan memasuki awal tahun ini. Menurut Direktur Utama RSKIA Kota Bandung Nina Manarosana, menaikan level rumah sakit yang awalnya bertipe B menjadi A merupakan langkah yang akan dilakukan tahun ini.

”Untuk merealisasikan hal itu, rencananya akan ada pembangunan gedung baru di kawasan Kopo menuju Lewi Panjang dengan luas lahan sekitar 7.000 meter persegi untuk menampung lebih dari 200 pasien,” ujar Nina kepada wartawan di Balai Kota Bandung, kemarin (3/5).

Menurut dia, setelah ada gedung baru tersebut RSKIA akan naik level ke kelas A.  Menurut dia, karena levelnya akan naik maka kapasitas atau daya tampung juga harus diperbesar begitupun melengkapi fasilitas di dalamnya agar pelayanan bagi pasien bisa maksimal.

Apalagi, lanjut dia, pihaknya menangani pasien khusus ibu dan anak di Bandung Raya. Sejauh ini, RSKIA hanya mampu menampung sebanyak 65 pasien. ”Dari segi sarana dan prasarana pun perlu kembali ditingkatkan. Seperti ruang NICU, kita baru punya 7 unit incubator nanti ditambah 20 incubator,” ujarnya.

Nina juga mengaku belum bisa menyediakan sapras NICU lebih banyak karena dana yang tidak memungkinkan serta biaya operasional yang sangat besar. Pembangunan gedung baru ini diperkirakan menelan dana Rp 300 miliar. Sementara untuk pembebasan lahan membutuhkan biaya sebesar Rp 80 miliar.

”Digedung baru nanti juga akan dilengkapi fasilitas perinatologi, dan tumbuh kembang bayi. Saat ini masuk proses pembebasan lahan dan kita targetkan akhir tahun ini sudah mulai tahap pembangunan,” katanya.

Sebagai salah satu rumah sakit pemerintah, dirinya bersama jajaran direksi dari RSKIA tentu akan memprioritaskan layanan pada masyarakat diberbagai kalangan. Termasuk dari menengah ke bawah. Sehingga subsidi yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Begitupun dengan fasilitas baru yang bakal hadir memaksimalkan layanan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan