Ribuan Sekolah Belum Update Data PDSS

bandungekspres.co.id – Batas akhir pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) semakin dekat. Rangkaian awal seleksi masuk PTN tanpa tes itu ditutup kemarin (20/2) pukul 23.59. Namun, panitia mencatat, banyak sekolah yang belum mengisi PDSS.

Koordinator Kelompok Kerja Hubungan Masyarakat (Pokja Humas) SNM PTN 2016 Bambang Hermanto menyatakan, hingga kemarin pukul 18.40, ada 6.387 unit sekolah yang belum meng-update data PDSS, sedangkan 16.502 sekolah sudah mengisi PDSS. ”Kasihan kalau sampai siswa dirugikan,” katanya kemarin.

Dia menuturkan, banyak kerugian yang dialami siswa jika sekolah tidak memperbarui data PDSS. Kerugian terbesar, seluruh siswa di sekolah itu tak bisa mendaftar SNM PTN 2016.

Ketika sekolah mengulur-ulur pengisian PDSS, siswa juga dirugikan. Sebab, mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mengoreksi nilai rapor. Bambang menjelaskan, ada kemungkinan nilai rapor yang diunggah sekolah di website PDSS keliru. Nah untuk memperbaiki, siswa yang bersangkutan diberi kesempatan untuk mengecek dan mengajukan revisi.

”Kalau sekolah mepet mengisi PDSS, siswa kapan mengajukan revisinya?” ungkapnya. Dia berharap ada peningkatan signifikan jumlah sekolah yang mengisi PDSS. Sehingga, jika ada revisi nilai oleh siswa, mereka bisa melakukannya Sabtu (20/2).Namun, Bambang menuturkan, panitia SNM PTN tidak bisa memaksakan sekolah untuk mengisi PDSS. Setelah diamati di lapangan, ada sekolah yang sengaja tidak mau repot mengisi PDSS. Sebab, berdasar pengalaman tahun lalu, tidak ada satu pun siswa sekolah tersebut yang mendaftar SNM PTN. Alasan lain, sekolah pesimistis siswanya bisa menembus SNM PTN. ”Alasan sekolah itu macam-macam,” tuturnya. (wan/c5/agm/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan