Representasikan Evolusi Dunia Fashion

DESAINER muda tanah air berbakat, Felicia Budi, Patrick Owen, dan Ardistia Dwiasri alias Ardistia New York tampil dalam ajang Indonesia Fashion Week 2016. Mereka menampilkan gaya busana yang memperlihatkan Evolusi Dunia Fashion. Itu menjadi benang merah dari koleksi-koleksi mereka.

Masing-masing desainer memperlihatkan koleksi busana sebanyak 16 looks. Peragaan busana pertama ditampilkan Felicia Budi. Koleksi yang mengembangkan tema ’The Age of Discovery’ itu merepresentaskan masa kerajaan Spanyol dan Portugis saat mengirimkan armadanya untuk mencari dunia baru.

Dari konsep masa kerajaan itu, dia kembangkan koleksi yang menampilkan warna gelap dan dingin. ”Diantaranya, warna hitam dan burgundy. Warna itu mencerminkan kegelapan pada saat masa itu,” ujarnya dalam press conference di Indonesia Fashion Week 2016, JCC, Jakarta, belum lama ini.

Menggunakan material bahan bludru, suede, dan tafeta itu dituangkan ke dalam sejumlah koleksi ready to wear. Yaitu, atasan, bawahan, dress, dan juga jaket. Cutting yang unik dan terbuka membuat koleksinya tampak memukau. Tentunya, tanpa meninggalkan unsur keseksian dan feminitas wanita.

Bertema ’The Age of Enlightenment’, desainer Patrick Owen mengusung gaya busana jalanan dan kesibukan Kota Jakarta. Dalam koleksi yang ditampilkannya, Patrick menampilkan monumen nasional, budaya, dan tradisi Jakarta melalui print illustration.

Di atas bahan denim, katun, serta polyester fabric, dia mengaplikasikan dalam balutan busana ready to wear bernuansa warna hitam dan biru. Menariknya, kali ini Patrick bekerja sama dengan seniman Emte dan Tatiana Romanova Surya untuk menampikan koleksi busananya.

Terakhir, penampilan koleksi Ardistia New York. Mengusung tema ’The Age of Space’, Ardistia menyuguhkan koleksi yang menonjolkan futuristik lewat garis modern dan geometris. ”Saya membuat busana ready to wear untuk mengangkat penampilan perempuan lebih clean, modern, mandiri, dan elegan,” ujar Ardistia.

Melalui penggunaan bahan jacquard, organza, dan tile, koleksinya didominasi oleh sentuhan warna hitam, putih, dan silver. ”Jadi, rancangannya melambangkan kemewahan, pure, timeless, dan abadi meski busana tersebut lebih ke daily basis,” tandas Ardistia.

Ketiga desainer yang menampilkan Evolusi Dunia Fashion ini merupakan kolaborasi dengan brand kecantikan Make Over. Make Over sengaja menggandeng ketiganya untuk memamerkan gaya busana bertajuk ”Eyevolution” sebagai representasi make-up miliknya lewat persembahan tujuh warna eye liner pencil terbaru. (rka/JPG/fik)

Tinggalkan Balasan