Real Madrid Klub Terkaya Dunia

 

bandungekspres.co.id, MADRID – Untuk urusan prestasi, Real Madrid boleh kalah dibandingkan dengan seteru abadinya, Barcelona. Tengok saja koleksi trofi kedua klub itu sejak musim lalu.

Real Madrid hanya bisa merebut Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Sementara musim lalu, Barcelona menorehkan lima gelar. Termasuk hattrick di musim lalu, dan Piala Dunia yang membuat mereka menjadi klub tersukses dengan raihan tiga trofi.

Namun, banyaknya gelar yang sudah memenuhi trofi itu tidak serta-merta membuat Barcelona bisa merebut predikat yang selama ini menjadi milik Real; klub paling kaya dunia.

Dalam laporan peringkat yang dirilis oleh Forbes kemarin (12/5), Real Madrid menduduki peringkat pertama dengan total nilai klub berjuluk Los Blancos tersebut adalah GBP 2,52 miliar (Rp 48,47 triliun).

Nilai ini mengalami kenaikan sebesar 12 persen dibandingkan musim lalu ketika Real menerima GBP 2,21 (Rp 42,48 triliun).

Barcelona menguntit di peringkat kedua dengan total nilai GBP 2,46 miliar (47,32 triliun). Setelah itu, sepuluh besar dunia didominasi oleh kontestan Premier League dengan Manchester United memimpin di rangking tiga dengan total nilai GBP 2,3 miliar atau Rp 44,22 triliun.

Melihat value seperti itu, tentu orang bertanya-tanya. Darimana saja pemasukan Real? Sebab, kalau hanya mengandalkan pemasukan dari nilai transfer saja tentu tidak mencukupi.

Pada lima musim terakhir saja, Real mengalami kerugian dalam bursa transfer dengan pemasukan hanya EUR 280 juta (Rp 4,24 triliun). Sedangkan pengeluarannya adalah EUR 470,5 juta (Rp 7,13 triliun).

Firma akuntan asal Liverpool, Deloitte, memaparkan bahwa besarnya nilai Real berasal dari pendapatan di luar transfer pemain maupun penjualan jersey yang berjumlah EUR 577 juta (Rp 8,73 triliun).

Pendapatan ini naik 5,1 persen dari musim 2013-2014 yang berjumlah EUR 449,6 juta (Rp 8,31 triliun).

Income Real ini antara lain berasal dari penjualan tiket yang mencapai EUR 129,8 juta (Rp 1,96 triliun), jatak hak siar televisi EUR 199,9 juta (Rp 3,02 triliun), dan kontrak dengan sponsor yang mencapai EUR 247,3 juta (Rp 3,74 triliun).

Adapun dari sektor kontrak sponsor, menurut pengamat Conor Heffernan dari Pundit Arena, kunci lain pundi-pundi Real bisa bertambah sebanyak itu adalah faktor adanya pemain bintang mereka.

Tinggalkan Balasan