oleh

Ratusan Sekolah Penuhi Syarat danLayak Terapkan Kurtilas

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat mengusulkan 176 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bandung Barat untuk menerapkan kurikulum tahun 2013 (K13) atau biasa disebut Kurtilas kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal itu mengingat sekolah yang diusulkan, dinilai sudah layak untuk menerapkan kurikulum tersebut.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Juhro Hamdan menuturkan, jumlah usulan tersebut sesuai kuota yang diberikan pihak Kemendikbud kepada Disdikpora KBB. Selain itu, sekolah yang diusulkan sudah memenuhi syarat dan kriteria untuk penerapan Kurikulum 2013. ’’Kami sudah memantau bahwa ada sekolah yang memang layak menerapkan kurtilas. Sekolah-sekolah itu akan diusulkan untuk penerapan kurikulum 2013. Tapi sebelumnya akan kami verifikasi, sekolah mana saja yang betul-betul sudah layak untuk menerapkan kurkulum itu,” kata Juhro, di Ngamprah, kemarin.

Adapun kriteria sekolah yang bisa menerapkan Kurtilas sesuai dengan Permendikbud Nomor 159 Tahun 2014, yakni minimal sekolah tersebut sudah terakreditasi B. Selain itu, lanjut dia, ketersediaan sarana penunjang seperti buku kurikulum 2013 harus tersedia. Dan yang lebih penting, kesiapan kepala sekolah maupun guru untuk menerapkan kurikulum 2013 tersebut. ’’Sekolahnya harus yang sudah terakreditasi, dan gurunya juga harus yang sudah siap menerapkan kurikulum 2013 di kelas,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.