RABS Kota Bandung-Cimahi Jembatani Keinginan Warga

bandungekspres.co.id – Rumah Aspirasi Agung Budi Santoso (RAABS) menggelar bakti sosial berupa fogging. Hal ini dilakukan untuk mencegah berkembangnya nyamuk Aedis Aegepty.

Iwan Setiawan selaku Koordinator RAABS Kota Bandung-Cimahi menuturkan, dimusim penghujan saat ini, kemungkinan berkembangnya nyamuk tersebut sangat tinggi. ”Bulan Maret kemarin kita sudah melakukan pengasapan (fogging) di tiga puluhan RW lebih di wilayah Kota Bandung dan Kota Cimahi, termasuk di RW  04 Kelurahan Cigugur Tengah,” katanya.

Diungkapkan Iwan, pengasapan dilakukan atas aspirasi  masyarakat yang berkoordinasi dengan RT dan RW  setempat. Fogging ini pun dilakukan tanpa biaya dari masyarakat. ”Untuk pembiayaan kami siapkan dari dana bantuan Pak Agung Budi Santoso,” ujarnya.

Rumah Aspirasi Agung Budi Santoso sendiri digagas 2009 lalu lantaran banyaknya keluhan masyarakat yang sulit untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah. ”Dari situlah kami terinspirasi untuk membuat Rumah Aspirasi yang bertujuan untuk menjembatani masyarakat dan pemerintiah,” katanya.

RAABS sendiri saat ini sudah memiliki anggota tak kurang dari 20 orang. Sejauh ini kiprahnya cukup membantu masyarakat terutama dalam urusan sosial.

Kini,  Rumah Aspirasi sudah disahkan kelembagaannya  di bawah SK dan aturan Setjen DPR RI,  yang mana setiap anggota legislatif harus mempunyai rumah aspirasi di daerah pemilihannya. ”Ke depan kami berharap semoga dengan peraturan ini semua anggota legislatif baik di tingkat Kota, Provinsi atau Pusat bisa dan mau membuka rumah aspirasi atau posko – posko pelayanan pengaduan masyarakat. Sehingga, masyarakat akan merasakan bahwa mereka punya perwakilannya dan bisa menyampaikan aspirasinya hingga tingkat pusat,” bebernya. (bun/asp)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan