Puan Akan Buka Peparnas 2016

bandungekspres.co.id – MENTERI Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dijadwalkan membuka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 di Stadion Siliwangi Kota Bandung, 15 Oktober 2016. ”Pembukaan Peparnas 2016 rencananya dibuka oleh Menko PMK Ibu Puan Maharani di Stadion Siliwangi Bandung,” kata Sekretaris Umum PB PON 2016 dan Peparnas 2016 Jabar Ahmad Hadadi di Bandung kemarin (3/10).

Sedangkan penutupan Peparnas 2016 rencananya ditutup oleh Menteri Pemuda dan olahraga Imam Nahrawi. Dia menyebutkan, upacara pembukaan dihadiri oleh seluruh kontingen Peparnas dari 34 provinsi di Indonesia dan terbuka untuk umum. ”Upacara pembukaan Peparnas 2016 terbuka untuk umum,” kata Hadadi.

Bila upacara pembukaan dan penutupan PON 2016 digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, maka Peparnas 2016 akan digelar di Stadion Siliwangi Kota Bandung.

Stadion Siliwangi merupakan salah satu stadion bersejarah bagi pembinaan olahraga di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Stadion itu juga menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan PON V/1961. Terakhir menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2015.

”Pada PON lalu juga menjadi tempat pertandingan cabang olahraga kriket. Secara infrastruktur sudah siap,” katanya.

Peparnas 2016 akan mempertandingkan 13 cabang olahraga yakni atletik, angkat besi, goal ball, renang, panahan, boli, sepak bola, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, boling, judo dan catur.

Sebagian besar pertandingan digelar di Kompleks Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Bandung, sedangkan beberapa lokasi lainnya di arena boling Siliwangi, Stadion GBLA dan di kawasan Pajajaran Sport Center.

”Seluruh pertandingan cabang olahraga Peparnas dipusatkan di Kota Bandung, sebagian besar di Kompleks UPI,” kata Hadadi.

Peparnas 2016 juga mengusung tema ”Berjaya di Tanah Legenda” dan juga maskotnya Surili ”Lili dan Lala” dengan logo senjata kujang. (ant/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan