Polrestabes Bandung Sosialisasikan Penerimaan Calon Anggota Polri

Lulus atau tidaknya tergantung kemampuan dari anaknya sendiri dan bagaimana mereka mempersiapkan diri sesuai dengan rangkaian tes untuk masuk menjadi anggota Polri.

Adapun persyaratan umum untuk menjadi anggota Polri  ada empat. Yakni pertama, untuk masuk Taruna Akpol, minimal usia 17 tahun 6 bulan, maksimal 21 tahun.

Kedua, untuk masuk Brigadir, pendidikan akhir SMA minimal usia 17 tahun 6 bulan, maksimal 21 tahun. Dan Brigadi pendidikan akhir D.IV minimal usia 17 tahun 6 bulan, maksimal 24 tahun.

Ketiga, untuk jadi Brigsus, pendidikan terakhir S1 kecuali Sarjana Seni, Sastra, Dokter Gigi, Pertanian, Pendidikan, yang terakreditasi Ban PT minimal B dan wajib melampirkan tanda lulus ijazah yang dilegalisir dengan rata-rata nilai IPK 2,50. Usia minimal 17 tahun 6 bulan, maksimal 25 tahun.

Keempat, untuk masuk Tamtama, pendidikan terakhir SMA, minimal usia 17 tahun 6 bulan, maksimal 22 tahun. Sedangkan untuk tinggi badan laki-laki minimal 165 centimeter dan tinggi badan perempuan minimal 160 centimeter.

Semua peserta harus WNI, beriman dan bertaqwa kepada tuhan YME, setia kepada NKRI berdasarkan pencasila UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan), tidak sedang terlibat kasus pidana atau pernah dipidana karena melakukan kejahatan yang dibuktikan dengan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), berwibawa, jujur, adil dan berkelakukan tidak tercela. Selain itu, bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian dan lulusan pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.

Dikdik menjelaskan, untuk informasi lebih lanjut bisa langsung datang ke kantor Polisi terdekat atau ke Bag Sumda Polres Bandung, via telepon (022) 85871968 bisa juga diakses di www.penerimaan.polri.go.id atau pada aplikasi android SISFORIM. (yul/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan