POBSI Bidik Satu Emas di PON

Sudah Memiliki Pusat Latihan Biliar

bandungekspres.co.id –Modal satu emas, satu perak, satu perunggu plus satu tiket delapan besar di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Babel tahun lalu, belum membuat Pengprov Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sumbar cepat puas. Karena target sebenarnya adalah menyumbang satu emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jabar nanti.

Target satu emas di pesta olahraga nanti, dinilai bukan tidak beralasan. Ini setelah POBSI Sumbar memiliki Pusat Latihan Biliar di Gedung Serbaguna KONI Sumbar. Puslat itu, diyakini akan memacu motivasi para pebiliar dalam menjalani latihan.

”Kami harap dengan adanya Puslat ini, kami bisa memaksimalkan persiapan jelang PON nanti,” ujar Ketum POBSI Sumbar, Alexander Dino kepada Padang Ekspres, kemarin.

Sejak adanya Puslat itu, kini pebiliar Sumbar seperti Edo Vernando dan Alfiano mulai intens menjalani latihan. Sedangkan Debi Cecilia kini latihan di Pulau Punjung karena belum bisa lepas dari pekerjaannya sebagai karyawan di Bank Syariah daerah tersebut.

Begitu juga dengan Nurmala Sari yang kini menjalani latihan di Jakarta di samping posisinya sebagai notaris. Namun tetap saja itu tidak mematahkan semangat POBSI Sumbar dalam mempersiapkan atletnya.

Untuk pebiliar yang jauh, bisa menjalani latihan secara mandiri dengan draf program latihan yang dikirim pengurus kepada yang bersangkutan. Dengan demikian, program latihan yang dijalani para atlet tersebut bisa disamakan.

Dalam waktu dekat POBSI Sumbar juga sudah meagendakan jadwal tryout di Malaysia atau Singapura untuk mematangkan pengalaman bertanding para atletnya.

Selain itu, sejumlah Open Turnamen di tanah air nantinya, juga akan menjadi incaran untuk menutupi kekurangan teknik yang dimiliki tim besutan pelatih Alex Hendri (koordinator pelatih), Mia Maharani, Joko Santoso dan Pringgo.

Pada PON nanti, total sebanyak 15 nomor yang akan diturunkan yakni bola delapan, sembilan, sepuluh, limabelas untuk kategori pool single dan double. Snoker, english biliar dan six red untuk kategori snoker, 1 sampai 3 ban untuk kategori carom serta mix.

Dari jumlah itu, kontingen biliar Sumbar akan menurunkan Debi dan Nurmala di nomor bola sepuluh, Edo dan Alfiano masing-masingnya di nomor bola delapan dan sembilan untuk double dan single putra. Serta satu nomor di kategori mix.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan