Plat B Serbu Bandung

bandungekspres.co.id – Sebagai etalase Jawa Barat, Kota Bandung tak lepas dari serbuan wisata, khususnya dari Jakarta. Hal ini terlihat dari banyaknya kendaraan plat B yang memadati lalu lintas.

Seperti salah satunya di kawasan Jalan Pasteur, Cihampelas, Setiabudi, Merdeka, Dago dan Gasibu. Jalan tersebut dipadati berbagai macam kendaraan yang memburu ke beberapa titik lokasi wisata yang ada di Kota Bandung yang menjadi destinasi liburan keluarga di hari libur.

Wakasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Santiadjie Kartasasmita mengatakan, dalam mengantisipasi terjadinya antrian panjang, pihaknya menurunkan 2/3 personelnya untuk lakukan pengaturan lalin di beberapa ruas jalanan yang ada di Kota Bandung.

’’Personel kita tempatkan di beberapa titik tempat wisata, perbelanjaan dan beberapa titik keramaian,’’ katanya kepada wartawan kemarin.

Santiadjie mengungkapkan, untuk mengantisipasi kemacetan, pihaknya telah menerapkan beberapa sistem, seperti salah satunya pengalihan arus atau penutupan jalan. Salah satu jalan yang menjadi langganan macet saat liburan panjang yakni Tol Pasteur.

’’Tol Pasteur merupakan akses jalan yang paling mudah menuju beberapa lokasi wisata yang ada di Kota Bandung,’’ ungkapnya.

Arus lalu lintas di kawasan Lembang Kabupaten Bandung Barat terkait dengan libur panjang akhir pekan mulai terasa kepadatan sejak Jumat (25/3) pagi.

Kepadatan kendaraan mulai terasa sejak terminal Ledeng sampai dengan lokasi wisata Farm House. Rata-rata kendaraan hanya bisa dipacu dengan kecepatan di bawah 40 kilometer per jam. Selepas Farm House, kendaraan bisa dipacu dengan kecepatan sedang. Lokasi wisata di Jalan Raya Lembang ini tampaknya masih jadi favorit keluarga untuk dikunjungi pada libur panjang kali ini.

Beberapa warga sekitar Farm House sudah menyediakan lahan parkir sejak pagi tadi karena tempat parkir di dalam lokasi wisata biasanya tidak bisa menampung.

Seperti yang disampaikan salah seorang warga Gudang Kahuripan yang mengaku setiap kali libur panjang tiba, warga memang sudah menyiapkan lahan parkir yang lokasinya tidak jauh dari Farm House.

Selain Farm House, antrian kendaraan juga memadati sekitar Mandarin Lembang dan Alun alun Lembang. Kendaraan dari arah Bandung yang akan menuju Tangkuban Parahu maupun lokasi wisata lain sudah mulai terlihat dari salah satu titik keramaian ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan