Pertandingkan 13 Cabor, Jabar Optimistis Juara Umum

bandungekspres.co.id – PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat berambisi mengulang kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV 2016. Di ajang PON, jabar berhasil meraih Juara Umum dengan perolehan medali 217 emas, 157 perak dan 157 perunggu. Sementara di Peparnas yang akan dimulai pada 12 Oktober mendatang, Jabar menargetkan perolehan medali minimal 131 dari 620 medali emas dan nomor pertandingan.

”Targetnya 131 medali emas dan kalau itu tercapai maka ’Jabar Kahiji’ untuk Peparnas. Insya Allah saya yakin!” ujar Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua Umum PB PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jabar, Ahmad Heryawan  ketika ditemui usai rapat persiapan Peparnas di Sekretariat PB PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jabar belum lama ini.

”Kemampuan atlet difabel kita (Jawa Barat) bagus, seperti dalam event-event Paralimpik nasional ataupun internasional yang sudah terjadi, selalu Jawa Barat mewakili dengan jumlah atlet paling banyak,” lanjutnya.

Peparnas 2016 mempertandingkan 13 cabang olahraga (cabor), yaitu Angkat Besi, Atletik, Badminton, Bowling, Catur, Goal Ball, Judo, Panahan, Renang, Sepakbola, Tenis Meja, Tenis Lapangan, dan Bola Voli. Jumlah atlet yang ikut serta pada Peparnas XV/2016 Jabar sebanyak 3500 atlet dari 34 kontingen provinsi seluruh Indonesia.

Sementara itu, lanjut Aher mengatakan semua hal menyangkut pelayanan atau akomodasi bagi para atlet di Peparnas akan sama dengan pelayanan atlet PON. Bahkan pihaknya telah menyediakan tranportasi yaitu bus khusus untuk para atlet penyandang disabilitas. ”Optimalnya pekerjaan kita pada PON maka harus terjadi hal yang sama pada Peparnas. Jadi kita akan optimal melayani seluruh rangkaian acara pada PON, optimal pula atau sama optimalnya pada rangkaian acara Peparnas,” ujar Aher.

”Kita juga sediakan tranportasi khusus untuk para difabel. Jadi busnya itu dirancang khusus untuk para difabel,” pungkas Aher. (bbs/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan